iklan zonasultra

Jaringan di Butur Ngadat, Telkomsel: Kami Target Hari Ini Clear

ilustrasi telkomsel
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– PT Telkomsel menurunkan sejumlah tim di Ereke, Kabupaten Buton Utara (Butur) untuk melakukan maintenance jaringan.

Manager Network Telkomsel Kendari, LM Ramadhan mengatakan, ada ganguan module pada sistem Base Transceiver Station (BTS), sehingga harus diganti.

“Solusinya harus replace module. Modulenya biar cepat tiba, kami bawa sendiri dari Kendari menuju Ereke,” kata Ramadhan kepada Zonasultra melalui sambungan pesan WhatsApp, Minggu (18/8/2019).

iklan zonasultra

Module pada sistem BTS berfungsi sebagai pengontrol lalu lintas (traffic) jaringan. Seperti Module Transmitter berfungsi untuk menerima dan mengirim sinyal dari ke pengguna handphone dan dari ke Base Station Controller (BSC). Proses digital sinyal, seperti modulasi dan demodulasi juga dilakukan di modul tersebut.

Kemudian, Module Operation dan Maintenance, module ini paling tidak terdiri dari sebuah sentral unit yang mengatur kerja seluruh perangkat BTS.

Sedangkan BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringanoperator.

“Insyaallah, semoga kami diberi kelancaran untuk menyelesaikan kerusakan ini, target hari ini kelar,” ujarnya.

(Baca Juga : Jaringan Tidak Stabil, Dinas Kominfo Butur Diminta Koordinasi dengan Telkomsel)

Jaringan Telkomsel di wilayah Kabupaten Butur beberapa bulan terakhir sering mengalami gangguan. Masyarakat setempat pun mengeluhkan layanan komunikasi dan juga akses internet yang lambat.

Sementara Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Butur, Kadim, mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak Telkomsel.

Terkait masalah ini, pihaknya pun berharap jaringan di wilayah Butur bisa segera normal kembali.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan Telkomsel wilayah Baubau selaku pihak yang menangani, disebabkan oleh adanya kerusakan BTS di Kecamatan Kulisusu Utara tersambar petir dan adanya gangguan jaringan 4G dan pihak Telkomsel telah melakukan perbaikan. Mudah-mudahan jaringan di Buton Utara kembali normal sebagaimana biasa,” terang Kadim, melalui layanan WhatsApp, Sabtu, (17/8/2019) kemarin. (a)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor : Kiki

2 KOMENTAR

  1. Di buteng juga min, jaringan telkomsel ngadatnya minta ampun, khususnya daerah lombe kalo mau menginput berkas harus tengah malam, semoga ada perhatian.

  2. bagusya pemda butur tidak sama dengan kami pemdanya bombana tidak peduli rakyatnya dikabaena yang sebagian desanya belum terakses jaringan

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib