iklan zonasultra

Jelang HPS, Dirjen Hortikultura Cek Kesiapan Provinsi Sultra

Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019
Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto secara langsung mengunjungi perayaan Gelar Teknologi (Geltek) yakni kebun kakao bertempat di Desa Pudambu, Kecamatan Angata, Konawe Selatan (Konsel).

Prihasto mengungkapkan, kunjungan dirinya di Sulawesi Tenggara (Sultra) guna mengecek kesiapan lokasi pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 yang akan dilaksanakan pada 2-5 November 2019.

(Baca Juga : Dimundurkan, Pelaksanaan HPS 2019 Tunggu Pelantikan Presiden Jokowi)

iklan zonasultra

“Kita ingin mengecek secara langsung kesiapan pelaksanaan HPS, terlebih waktunya juga sudah mepet. Apalagi besar kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan duta besar (dubes) akan ke lokasi Geltek ini. Tapi untuk pastinya kita akan konsultasikan lagi dengan protokoler presiden,” terang Prihasto saat ditemui awak media di salah satu restoran di Kendari, Kamis (12/9/2019).

Prishasto mengaku, dari hasil pantauannya di lokasi Geltek, terkait peremajaan tanaman kakao, dirinya mengaku optimis bisa HPS ke-39 dapat dilaksanakan di Sultra.

Sementara, Pj Sekda Sultra La Ode Mustari menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan pemantapan terkait persiapan pelaksanaan HPS ke-39. Salah satunya, dengan menggelar pertemuan terkait persiapan agenda nasional ini.

(Baca Juga : HPS 2019, Pemprov Bakal Siapkan Helikopter untuk Presiden)

“Pemprov akan berupaya demi kesuksesan serta lancarnya seluruh kegiatan ini, kita akan forsir untuk optimalisasi seluruh bidang. Sultra sebagai tuan rumah harus mempersiapkan semuanya dengan matang. Bahkan untuk orang nomor 1 di Indonesia akan disediakan dua helikopter khusus,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya pun kini telah menyiapkan anggaran Rp6 miliar pada APBD Perubahan 2019, terkait pematangan persiapan pelaksanaan HPS. Guna memudahkan mobilisasi Presiden Jokowi selama pelaksanaan HPS, Mustari mengaku, Pemprov Sultra akan menyiapkan dua buah helikopter jenis Super Puma.

“Kita siapkan dua helikopter untuk presiden, jika pak presiden dari bandara langsung ke Angata. Tapi tetap dua helikopter ini akan tetap kita siagakan,” tutupnya. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib