iklan zonasultra

Jelang Ramadan, Harga Sembako di Kendari Berfluktuasi

Jelang Ramadan, Harga Sembako di Kendari Berfluktuasi
SIDAK - Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional di daerah itu, Senin (29/4/2019). Hasilnya, harga sejumlah bahan pokok berfluktuasi. (Rasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional di daerah itu, Senin (29/4/2019). Hasilnya, harga sejumlah bahan pokok berfluktuasi.

Harga daging sapi pekan lalu Rp140 ribu per kilogram (kg), saat ini turun di kisaran Rp120 ribu hingga Rp130 ribu per kg. Harga telur ayam juga berfluktuasi di kisaran Rp 40 ribu hingga 45 ribu per raknya.

(Baca Juga : Wali Kota Kendari Jamin Stok Sembako Aman Jelang Ramadan)

Hasil sidak ini juga menemukan harga bawang merah naik mencapai Rp80.000 per kg, padahal pekan sebelumnya masih ada di kisaran Rp60.000 sampai Rp70.000 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari Ida Rianti mengatakan, harga daging sapi memang mengalami penurunan, tapi kemungkinan harganya masih akan melonjak jelang Ramadan nanti.

“Harga yang ada saat ini masih menunjukkan fluktuasi, beberapa jenis sembako ada yang mengalami penurunan dan ada yang mengalami lonjakan harga,” kata Ida di Pasar Basah Mandonga, Senin (29/4/2019).

(Baca Juga : Pemerintah Jamin Stok Pangan di Kendari Aman Hingga Lebaran)

Dia menambahkan, harga daging sapi berpotensi mengalami lonjakan harga lantaran stok sapi di Rumah pemotongan Hewan (RPH) Kota Kendari sudah mulai berkurang. Kondisi ini tentu sangat tidak baik untuk perkembangan harga daging sapi sebelum bulan suci Ramadan.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari terkait ketersediaan stok sapi yang ada di RPH Kota Kendari,” tuturnya. (b)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib