Jelang Ramadhan, Harga Sembako di Konut Stabil

Jelang Ramadhan, Harga Bawang Putih di Kendari Melonjak Naik
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, WAGGUDU – Harga sembilan bahan pokok (Sembako) di Kabupaten Konwe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) memasuki bulan suci ramadhan masih stabil. Hal itu disampaikan Kasi Penertiban Pemeliharaan Perdagangan Pasar (P3) Dinas Perindustrian dan Perdangan (Disperindak) Konut, Sarman.

Stabilitas harga itu disimpulkan setelah melakukan inspekasi mendadak (sidak) di pusat perbelanjaan seperti, pasar Molawe, Oheo, Wiwirano, Losolo dan toko-toko, pihaknya tak mendapati adanya kenaikan harga pada bahan kebutuhan rumah tangga sampai dengan bumbu-bumbu dapur.

Untuk cabai di pasaran masih kisaran harga Rp 10 ribu perliter, tomat Rp 6 sampai 7 ribu perkilo, bawang putih dan merah Rp 20 ribu perliter. Sedangkan untuk sayur-sayuran dan produk jualan lainnya juga masih normal.

“Kami lakukan peninjauan selama 4 hari di bagi menajadi masing-masing 3 tim, kami menyisir seluruh tempat jual beli dan sampai saat ini harga perkakas dan sembako lainya masih stabil,”kata Sarman, dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (15/5/2018).

Diungkapkan, saat melakukan pemeriksaan kualitas barang para pedagang, pihaknya tak mendapati adanya komuditas yang kadaluarsa dan tak layak konsumsi.

(Baca Juga : Jelang Ramadhan, Harga Sembako di Muna Naik 100 Persen)

“Semua barang jualan yang di jajakan terjamin. Kami tidak bisa pastikan kedepan-kedepannya akan ada kenaikan harga karena biasanya kalau jelang lebaran pasti ada kenaikan harga, tapi untuk saat ini saat kami turun lapangan harga masih seperti biasa,”terangnya.

Pihaknya berharap agar para pedagang di Konut senantiasa menjaga bobot keamanan prodak yang di pasarkan, tidak semat-mata hanya mementingkan keuntungan namun membahayakan bagi konsumen. Dan untuk para konsumen dihimbau untuk selalu memeriksa tanggal masa berlaku dan kondisi barang yang akan dibeli. (B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib