iklan zonasultra

Kadin Sultra: UKM di Sultra Kurang Greget

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi Jaffray Bittikaka
Jaffray Bittikaka

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi Jaffray Bittikaka menilai semangat berwirausaha di Sultra masih minim. Jumlah UKM di Sultra hanya sekitar 12 ribu, padahal secara ideal seharusnya terdapat 300 ribu UKM.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi Jaffray Bittikaka
Jaffray Bittikaka

“Kewirausahaan di Sultra kurang greget, saya tidak tahu alasannya, apa karena kurangnya pemerintah atau memang instrumen untuk memotivasi UKM ini sendiri kurang,” ujar Jaffray kepada awak Zonasultra.com pada Rabu (4/10/2017).

Jaffray mengungkapkan bahwa pemerintah cukup kelabakan dalam menangani UKM karena hanya 14,8 persen UKM yang berbadan hukum. Selebihnya tidak berbadan hukum dan tidak terdaftar sehingga sulit untuk dibina pengembangan usahanya.

Oleh sebab itu, Kadin Sultra memutuskan tidak ada izin tetapi pendaftaran agar para UKM terdaftar secara resmi dan membayar pajak. “Pajaknya pun dimudahkan dan sangat murah, nanti dilaunching deh,” pungkas Jaffray.

Pihaknya menegaskan akan memberikan perhatian khusus bagi UKM dan usaha star up lainnya untuk lebih ditingkatkan. Ia juga akan menggandeng pemda setempat untuk mencari solusi bersama dan memberikan sinergi baik dengan pihak perbankan maupun lembaga lainnya. (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib