iklan zonasultra

Kadinkes Konkep Berharap Mutu Pelayanan di Puskesmas Lebih Dimaksimalkan

Kepala Dinas Kesehatan Konawe Kepulauan, Sastro
Sastro

ZONASULTRA.COM, LANGARA
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sastro berharap, mutu pelayanan kesehatan di tingkat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di daerah itu agar lebih dimaksimalkan.

Harapan itu disampaikan Sastro pasca sejumlah puskesmas di Konkep telah terakreditasi.

“Kita berharap agar pelayanannya semakin meningkat, sebab tujuan daripada akreditasi ini adalah peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Hampir semua telah terakreditasi, besok terakhir untuk Puskesmas Lansilowo,” ungkap Sastro ditemui awak zonasultra.com, Rabu (4/12/2019) di Langara.

iklan zonasultra

Di Konkep sendiri terdapat 8 unit Puskesmas antara lain Puskesmas Langara, Puskesmas Lampeapi, Puskesmas Bobolio, Puskesmas Roko-roko, Puskesmas Polara, Puskesmas Waworete, Puskesmas Ladianta, dan Puskesmas Lansilowo.

” Di Roko-roko baru tahun ini teregistrasi di Kementrian dan akan diakreditasi pada tahun 2020. Tahun 2017 kita mulai diakreditasi, 4 Puskesmas yakni Polara, Bobolio, Waworete, dan Ladianta kategori madya,” ujarnya.

Selain itu, sambung Sastro, 2 di antaranya yakni Puskesmas Langara dan Lampeapi telah terakreditasi dengan kategori dasar. Kemudian terakhir di tahun 2019 ini, menyusul pengakreditasian untuk Puskesmas Lansilowo di Wawonii Utara.

“Tahun ini 3 Puskesmas. Yang sudah diakreditasi adalah Puskesmas Polara dan Ladianta, hasil akreditasi dua Puskesmas telah keluar dua bulan lalu dengan kategori madya, menyusul Puskesmas Lansilowo besok, timnya dalam perjalanan,” sambung Sastro.

Lebih lanjut mantan kadis pertambangan Konawe Kepulauan ini mengingatkan, agar pihak Puskesmas mematangkan persiapan masa akreditasi lanjutan dengan memperhatikan rekomendasi. Hal itu tentu jadi perhatian utama yang perlu dilaksanakan.

“Segi regulasi, semuanya sudah memenuhi syarat. Dari segi penilaian saya, capaian kita ini termasuk luar biasa. Kita berharap pelayanannya semakin meningkat, sebab tujuan daripada akreditasi ini adalah peningkatan mutu pelayanan kesehatan”. Terangnya

Capaian tersebut, tambah dia, tentunya tidak terlepas dari dukungan pemerintah yang luar biasa. Baik perhatian khusus serta sarana dan prasarana penunjang yang diberikan yang bersumber dari dana alokasi khusus maupun dana alokasi umum. (b)

 


Reporter : Arjab Karim
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib