iklan zonasultra

Kapal Tabrak Karang di Wakatobi, Puluhan Penumpang Dievakuasi

EVAKUASI - Badan Search and Rescue (Basarnas) Kabupaten Wakatobi mengevakuasi penumpang Kapal Motor (KM) Manusela Permai 05 GT 84 pada Kamis (14/3/2018). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI– Badan Search and Rescue (Basarnas) Kabupaten Wakatobi mengevakuasi penumpang Kapal Motor (KM) Manusela Permai 05 GT 84 pada Kamis (14/3/2019). Kapal itu tercatat membawa person on boat (POB) 40 orang lebih dan anak buah kapal (ABK) 7 orang.

Diketahui KM manusela Permai 05 ini bertolak dari Pelabuhan Murhum Baubau pada Rabu, 13 Maret 2019 sekitar pukul 22.00 Wita (malam) menuju Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam perjalanannya menuju pulau Binongko, kapal tersebut mengalami putus tali kemudi yang membuat kapal tak terkendali hingga menabrak karang Kapota. Akibatnya kapal itu mengalami patah as dan bocor pada bagian lambung kapal hingga mesin penggerak tidak dapat dihidupkan kembali.

Kepala Pos SAR Kabupaten Wakatobi Zulkifli mengatakan kejadian berkisar pukul 04.30 Wita tadi, dengan titik koordinat kapal saat ini, (TKP) 5.50.173.123.42.512. Sebanyak 4 personel Pos SAR Wakatobi telah diturunkan untuk melakukan evakuasi.

Kapal Tabrak Karang di Wakatobi, Puluhan Penumpang Dievakuasi

Informasi itu didapat SAR karena menerima laporan dari warga yang bernama Irma pada pukul 07:30 Wita (Pagi) tadi. “Penumpang KM Manusela Permai 05 dievakuasi ke KM Manusela Permai 01 dan mendapat pengawalan ke Pulau Binongko oleh Rigit Inflitable Boat (RIB) SAR Wakatobi,” kata Zulkifili saat dikonfirmasi via telepon.

KM Manusela Permai 05 yang menabrak karang tersebut, saat ini posisinya tenggelam sebagian (karam). “Info terakhir di lapangan, ABK KM Manusela Permai 05 sedang berusaha mengapungkan kapal,” ujarnya. (A)

 


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib