iklan zonasultra

Kasuami Raksasa Menuju Rekor MURI

Kasuami Raksasa Menuju Rekor MURI
KASUAMI - Panitia Kendari Food Festival (KFF) season tiga menargetkan pemecahan rekor MURI kasuami raksasa setinggi sekitar 306 cm, diameter 180 cm dengan 7 tingkat. (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Panitia Kendari Food Festival (KFF) season tiga menargetkan pemecahan rekor MURI kasuami raksasa setinggi sekitar 306 cm, diameter 180 cm dengan 7 tingkat.

Ketua Panitia KFF Muhammad Zulfikar mengatakan, menu kasuami dipilih sebagai bentuk perhatian pihaknya untuk mempromosikan menu khas daerah yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Alhamduliah kita didukung penuh sama wali kota dan Pemprov Sultra sehingga acara ini diangkat ke tingkat provinsi,” kata Zulfikar saat ditemui zonasultra.com di lokasi KFF MTQ Kendari, Minggu (2/12/2018).

iklan zonasultra

Kasuami Raksasa Menuju Rekor MURI

Ia pun optimis dapat memecahkan rekor MURI. Pasalnya, ini telah disiapkan jauh hari sebelum dilakukan pembuatan kasuami raksasa ini.

Pembina DPD Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) Sultra Nurmansyah Suryo mengatakan, untuk membuat kasuami ini dibutuhkan sekitar 1,2 ton tepung ubi atau kaopu, 300 ratus galon air dan 10 tungku untuk memasak.

Proses memasak dimulai pada pukul 07.00 WITA pagi tadi, dan ditargetkan usai pada pukul 19.00 WITA dalam tampilan sempurna dengan dekorasinya.

“Sebenarnya yang membuat prosesnya lama adalah untuk memasak tepung ubinya yang membutuhkan waktu sekitar 40-45 menit,” katanya.

Kasuami Raksasa Menuju Rekor MURI

Ada 40 anggota DPD PCPI Sultra yang dilibatkan dalam pembuatan Kasuami raksasa ini dan 20 asisten chef dari SMK Negeri 3 Kendari.

Pantauan zonasultra di lokasi pembuatan kasuami di pelataran MTQ Kendari, tiga orang tim dari Rekor MURI datang melakukan penilaian proses pembuatan Kasuami tersebut.

“Kalau MURI mengisyaratkan 250 cm tapi tadi diukur lebih 306 cm. Tapi mungkin tetap 250 di MURI,” jelasnya.

Penyerahan Rekor MURI rencananya akan digelar malam nanti di panggung utama KKF season 3 tahun 2018. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib