iklan zonasultra

Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat, Warga Kolaka Diimbau Disiplin Terapkan Prokes

ilustrasi protokol kesehatan, covid 19, corona
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka mencatat, per tanggal 28 Oktober 2020, warga Kolaka yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 349 orang.

Melihat tren kasus terkonfirmasi positif yang terus meningkat, Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin mengimbau masyarakat di wilayah jazirah barat Sultra tersebut agar lebih waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) penanganan Covid-19.

Iklan Zonasultra

Menurutnya, masyarakat harus membiasakan diri dan saling melindungi dengan meningkatkan kepatuhan dan kesadaran dalam menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Warga Kolaka harus menjadikan masker ini bagian yang tak terpisahkan saat melakukan aktivitas sehari-hari, apalagi di luar rumah dan tempat keramaian,” ujarnya di Kolaka melalui pesan WhatsApp, Kamis (29/10/2020)

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka, dr. Muhammad Aris mengatakan penambahan jumlah warga Kolaka yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak sembilan orang berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab yang diterima pada 28 Oktober 2020.

Ketua IDI Cabang Kolaka ini merinci sembilan orang tersebut terbanyak berasal dari wilayah Kecamatan Kolaka tiga orang, kemudian disusul Kecamatan Latambaga sebanyak dua orang. Selanjutnya, Kecamatan Wundulako, Pomalaa, Watubangga, dan Tanggetada masing-masing satu orang.

Kata dia, sembilan orang yang baru dinyatakan positif Covid-19 tersebut langsung diisolasi agar menghindari kontak langsung dengan orang lainnya. Sehingga, terjadi pemutusan rantai penyebaran Covid-19 yang lebih luas lagi.

Selain itu, untuk kasus sembuh sampai saat ini sebanyak 335 orang, sementara yang meninggal dunia berjumlah 10 orang dengan tujuh kasus probable dan tiga kasus terkonfirmasi positif. Sedangkan, pasien yang dirawat di Rumah Sakit Bahteramas Kendari sebanyak dua orang.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kolaka ini mengingatkan bila pandemi Covid-19 masih terus berlangsung, sehingga masyarakat diharapkan untuk tidak bepergian jauh. Apalagi sejumlah daerah di wilayah Sultra juga terjadi peningkatan kasus positif Covid-19.

“Mari kita saling menjaga dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, agar bisa secepatnya terhindar dari pengaruh buruk Covid-19,” pungkasnya. (A)

 


Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib