iklan zonasultra

KMP Bontoharu Akhirnya Berlabuh Perdana di Dermaga Feri Kasipute

KMP Bontoharu Akhirnya Berlabuh Perdana di Dermaga Feri Kasipute
BERLABUH - KMP Bontoharu besutan rock on roll berkapasitas Gross Tonage (GT) 1.124 berlabuh di dermaga feri Kasipute, Kabupaten Bombana, Jumat (8/3/2019). (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bontoharu akhirnya berlabuh di dermaga Feri Kasipute, Jumat (8/3/2019) sekitar pukul 07.00 Wita. Kapal feri berkapasitas 1.124 Gross Tonage (GT) itu melayani rute Bira, kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) menuju Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat dan Pelabuhan Kasipute Bombana serta pelabuhan Tondasi, Muna Barat Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu tentu menjadi alternatif tepat bagi masyarakat Sultra, utamanya warga Bombana. Kepala Dinas Perhubungan Bombana, Syahrun mengatakan, hadirnya KMP Bontoharu yang juga dikenal dengan besutan rock on roll ini menghubungkan dua Provinsi yakni Provinsi Sultra dan Sulsel.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi upaya pemerintah pusat dalam memudahkan akses transportasi laut. Kini, telah hadir KMP Bontoharu yang siap melayani masyarakat di tiga Kabupaten hakni, Kabupaten Bulukumba, Bombana dan Muna Barat ” ungkap Syahrun di Rumbia, Jumat (8/3/2019).

iklan zonasultra

Kapal ini, lanjut Syahrun, ternyata tak hanya memudahkan roda transportasi laut. Namun, ketersediaan tarif yang mudah dijangkau masyarakat.

“KMP Bontoharu hanya memberi tarif Rp.60 ribu per orang. Belum lagi soal kapasitas muatan yang mampu mencapai 300 orang termasuk kendaraan roda empat, truk dan alat berat lainnya yang bisa mencapai 20 unit,” paparnya.

Kehadiran KMP Bontoharu itu telah melewati tahapan yang cukup lama. Pihaknya sebagai instansi yang menangani sektor kelautan di Bombana bekerja sama dengan pihak Syahbandar, ASDP telah membahas dalam beberapa pertemuan. Tak kalah pentingnya Pemerintah Kabupaten Muna Barat yang paling antusias dengan hadirnya kapal feri tersebut.

Rencananya, tambah Syahrun, KMP Bontoharu dioperasikan sebanyak satu kali seminggu yakni hari Rabu- Kamis menyasar beberapa pelabuhan menuju Tondasi dan Sabtu-Minggu kembali ke Bira. Perjalanan pertama dimulai dari pelabuhan Bira pada hari Rabu pukul 20.00 Wita hingga tiba di pelabuhan Sikeli pada Kamis pukul 07.00 Wita. Lalu, dari Sikeli ke Kasipute, Bombana dijadwalkan mulai pukul 08. 00 hingga pukul 14.30 Wita di hari yang sama.

Selanjutnya dari dermaga Kasipute menuju pelabuhan Tondasi diagendakan pukul 15.30 Wita hingga tiba pada pukul 18.30 Wita masih pada hari yang sama.

Setelah itu, pada hari Sabtu pukul 09.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita, KMP Bontoharu bertolak dari pelabuhan Tondasi menuju dermaga Kasipute. Lalu, dari Kasipute menuju Sikeli mulai diberangkatkan pada pukul 12.00 Wita hingga pukul 19.00 Wita. Akhirnya, kapal feri tersebut kembali ke pelabuhan Bira mulai pukul 20.00 Wita hingga pukul 08.00 Wita Minggu pagi.

“Kami barharap dengan beroperasinya KMP Bontoharu ini semakin memudahkan akses laut bagi warga Bombana, begitupula mempercepat roda ekonomi masyarakat di Sultra,” tutupnya. (b)

 


Kontributor: Muhmmad Jamil
Editor : Kiki
Loading...

1 KOMENTAR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib