Honda

Kota Raha Diguncang Gempa Magnitudo 3,4, Tak Berpotensi Tsunami

Kota Raha Diguncang Gempa Magnitudo 3,4, Tak Berpotensi Tsunami
GEMPA - Kota Raha, Kabupaten Muna baru saja diguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3,4 hari ini, Jumat (11/10/2019) sekitar pukul 10.59 WITA. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kota Raha, Kabupaten Muna baru saja diguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3,4 hari ini, Jumat (11/10/2019) sekitar pukul 10.59 WITA.

Rilis Statsiun Geofisika Kendari menyebutkan lokasi gempa berada di 4.75 lintang selatan (LS) hingga 122.74 bujur timur (BT).

Gempa berada di darat pada jarak 9,1 km arah timur laut Raha pada kedalaman 10 km.

iklan zonasultra

Baca Juga : Gempa 3,4 SR Mengguncang Kota Raha

Kepala Stasiun Geofisika Rosa Amelia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Buton Segmen A.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Sampai pukul 11.38 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu, pada aplikasi pesan WhatsApp sejumlah masyarakat kabupaten Muna memposting status mengenai terjadinya gempa di Raha.

Salah satu kontak Bang Yaf menuliskan “Barusan gempa belaeeee”. Kemudian kontak lain yang tinggal di Jalan Pelanduk, Kelurahan Raha III, Kecamatan Katobu Effy menuliskan “gempaaaa”.

Baca Juga : Gempa 2.6 Skala Richter Guncang Kendari

Di media sosial facebook pun ramai, salah satu akun Andi Wahyudi menuliskan “Astagfirullah,,Kota Raha Gempa barusan, mudah-mudahan tdk terjadi apa” yaa Allah,” ungkapnya.

Akun lain La Amoes menyebutkan “Raha Gempa pukul 11.00 wita Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan,” tulisnya.(B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib