iklan zonasultra

KPU Butur Target 80 Persen Wajib Pilih Salurkan Hak Suaranya

KPU Butur Target 80 Persen Wajib Pilih Salurkan Hak Suaranya
PILKADA BUTUR - KPU Butur selenggarakan sosialisasi perubahan jadwal terkait penyelenggaraan pilkada dalam kondisi bencana non alam corona virus disease 2019 (covid-19), bertempat di Hotel Sara'ea, Kecamatan Kulisusu, Rabu (22/7/2020). (M5/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BURANGA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) menargetkan partisipasi wajib pilih pada pemilihan kepala daerah tahun ini mencapai 80 persen.

Ketua KPU Butur, Hasrudin mengatakan, pencapaian partisipan pada pemilihan legislatif April 2019 lalu mencapai 81 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 43.383 pemilih. Sedangkan pilkada tahun ini menurut data hasil petugas di lapangan mencapai 47.357 pemilih.

Namun, kata dia data yang didapatkan tersebut belum ditetapkan dan akan dilakukan verifikasi kembali.

Untuk itu, pihaknya menggelar sosialisasi peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) 05 tahun 2020 tentang perubahan jadwal pemilihan bupati dan wakil bupati dan surat edaran (SE) nomor 20 tahun 2020 terkait penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati dalam kondisi bencana non alam, corona virus disease 2019 (covid-19) bertempat di Hotel Sara’ea, Kecamatan Kulisusu, Rabu (22/7/2020).

Target yang dicanangkan itu lebih tinggi dari yang ditetapkan secara nasional yakni untuk pilkada 2020 sebesar 77,5 persen.

“Data yang ada ini bisa saja berkurang atau bertambah dari jumlah itu tapi kita upayakan persentasinya lebih 80 persen. Kita berupaya melebihi target nasional,” ujarnya.

Ia menambahkan, disamping sosialisasi pada para stakeholder, sosialisasi juga akan menyasar para pemilih pemula dan sosialisasi terhadap tokoh agama.

Lebih lanjut, selain sosialisasi tatap muka, pihaknya (KPU Butur) juga akan melakukan sosialisasi ke media massa dan media elektronik yang dalam pelaksanaanya akan dilakukan secara berjenjang di seluruh wilayah Butur dengan harapan pesan dan tahapan pelaksanaan penyelengaraan pemilihan secara serentak bisa tersampaikan kepada seluruh masyarakat.

“Kami akan laksanakan sosialisasi sampai menjelang hari pemungutan suara,” katanya. (b)

 


Penulis: M5
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib