iklan zonasultra

KPU Koltim Gelar Simulasi Pungut Hitung Suara

KPU Koltim Gelar Simulasi Pungut Hitung Suara
SIMULASI - KPU Koltim menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilihan Presiden (Pilpres), DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi, DPR Kabupaten. Simulasi dilaksanakan di Lapangan Labadio, Kelurahan Ladongi Jaya, Kecamatan Ladongi, Kamis (4/3/2019) pada pukul 07.00 wita. (SAMRUL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA. COM, TIRAWUTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilihan Presiden (Pilpres), DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi, DPR Kabupaten. Simulasi dilaksanakan di Lapangan Labadio, Kelurahan Ladongi Jaya, Kecamatan Ladongi pada pukul 07.00 Wita, Kamis (4/3/2019).

Simulasi ini, pihak KPU Koltim juga melibatkan Bawaslu dan Panwaslu, serta mengikutsertakan masyarakat selaku pemilih.

Ketua Divisi Tekhnis Penyelenggaraan KPU Koltim, Anhar mengatakan tujuan utama dari simulasi pungut dan hitung suara tersebut adalah untuk memberikan gambaran rill kepada masyarakat luas dan terkhusus kepada penyelenggara Pemilu, baik dari KPU sampai ke penyelenggara lapis bawah, serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ke bawah, sehingga pelaksanaan hari H nanti bisa berjalan dengan sempurna.

(Baca Juga : 100 Warga Konsel Ikut Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara)

“Khususnya KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) supaya lebih memahami secara detail tentang tugas dan segala bentuk perlakuan teknis dalam melakukan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Dari kegiatan ini nantinya akan terlihat apakah sudah tidak ada kendala atau permasalahan,”kata Anhar, Kamis (4/3/2019).

Salah seorang pemilih yang hadir dalam kegiatan ini, Homsatun (30) mengatakan, simulasi pemungutan suara yang diadakan sedikit membingungkan baginya. Sebab, surat suara yang diceblos terlampau banyak.

“Pernah saya ikut kegiatan seperti ini (simulasi pemungutan suara) waktu masih cewek. Tapi kali itu berpisah surat suaranya. Kalau kali ini bersamaan lima sekaligus, “sebutnya.

Meski demikian, warga Kelurahan Welala,Kecamatan Ladongi tersebut mengaku telah mendapat gambaran banyak dari panitia penyelenggara pemilu.

Pemilih lainnya yang datang pada simulasi, Samirin, warga Kelurahan Ra’ra, Kecamatan Ladongi. Lelaki berusia 49 tahun ini mengaku telah mendapatkan gambaran bagaimana cara memilih pada hari H, 17 April 2019.

“Yang penting kita membaca, saya rasa tidak susah. Yang repot itu, pemilih yang tidak tau membaca,”kata Samirin.

Secara umum, Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 3 di Kabupaten Koltim mencapai 81.113, dengan 398 jumlah TPS yang tersebar di 12 Kecamatan. (B)

 


Kontributor : Samrul
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib