KPU Konut Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke PPK di 13 Kecamatan

KPU Konut Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke PPK di 13 Kecamatan
PELEPASAN LOGISTIK - Ketua KPU Konut, Sawal Sumarata bersama Ketua Bawaslu Konut, Burhan dan komisioner KPU serta Bawaslu Konut didampingi pihak kepolisian-TNI saat melepas logistik surat suara dan kotak suara di Gedung Olah Raga (GOR) Konut, Senin (15/4/2019). (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mendistribusikan logistik pemilihan umum (pemilu) 2019 kepada panitia pemilih kecamatan (PPK) yang tersebar di 13 kecamatan.

Kegitan tersebut berlangsung Senin (15/4/2019) pukul 11.00 Wita bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Konut. Turut mendampingi Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Konut Burhan bersama tim komisioner dan pihak sekretariat Bawaslu, serta ratusan aparat gabungan dari kepolisian dan TNI.

Ketua KPU Konut Sawal Sumurata menuturkan, logistik yang diedarkan antara lain 134.662 surat suara dan 1.269 kotak suara. Penyaluran dilakukan menggunakan enam buah truk dilengkapi pelindung agar tidak terjadi kerusakan.

(Baca Juga : Gudang Logistik Pemilu di Konut Dijaga Ketat)

Sebelum pembagiaan logistik, kata Sawal, pihaknya terlebih dahulu mengepak surat suara yang dimulai 10 – 14 April di GOR Konut dengan melibatkan 18 personel staf jajaran KPU Konut.

Diungkapkan, dalam tahapan penyortiran surat suara terdapat kekurangan logistik pada semua jenis surat suara sebanyak 893 lembar, mulai dari presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten daerah pemilihan (dapil) 2, 3, dan 4, sedangkan dapil 1 tak ditemukan kekurangan. Serta, kekurangan pada masing-masing formulir pleno seperti DPR RI sebanyak 20 set, DPRD provinsi satu set, dan DPRD kabupaten daerah pemilihan (dapil) 2 sebanyak 2 set.

“Alhamdulillah semua langsung diantisipasi dan segera dikoordinasikan ke KPU provinsi. Sehingga, alhamdulillah semua tuntas dan tertangani tanpa ada kendala dan dapat didistribusikan sesuai waktu yang ditentukan, hari ini 15 April,” ujarnya, Senin (15/4/2019).

Dia menambahkan, penambahan logistik dilakukan susuai aturan prosedur yang berlaku dan berdasarkan berita acara hasil sortir dan kekurangan logistik pemilu tahun 2019 nomor 63/pp.10-BA/7409/KPU/Vl/2019 tanggal 5 April 2019. Dan telah mengacu pada surat ketua KPU RI nomor 488/PP.10.2-SD/07/KPU/lll/2019 tanggal 21 Maret 2019.

“Kotak suara yang disalur ke PPK di tiap-tiap kecamatan sebanyak 1.269 ini selanjutnya, menunggu jadwal yang ditentukan untuk didistribusikan. PPK di masing-masing kecamatan nantinya akan menyalurkan 1.100 kotak suara di 220 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangan 13 kotak suara lainya di simpan tiap-tiap PPK untuk digunakan pada saat rekapitulasi di tingkat kecamatan,” terangnya.

(Baca Juga : KPU Konut Imbau 1.540 Petugas KPPS Jaga Integritas)

Sementara Divisi Sosialisasi Permas dan SDM KPU Konut Zul Juliska Praja mengatakan, segala proses pendistribusian logistik di 13 kecamatan telah diantisipasi mulai dari personel pengawalan sampai transportasinya. Seperti, pada wilayah kepulauan. Jauh sebelumnya pihaknya telah menyiapkan armada laut sehingga tiba tepat waktu tanpa ada kendala.

Ia pun mengimbau masing-masing PPK menjalankan tugas tanggung jawab sebagai penyelenggara pemilu dengan baik. Serta, senantiasa mengutamakan kumunikasi dan koordiasi jika ditemukan adanya kendala-kendala di lapangan jelang pemilu 2019 ini.

“Kami sangat yakin seluruh penyelenggara mulai dari PPK, PPS, KPPS dan tim penyelenggara lainya dapat bekerja dengan baik, dan profesional mensukseskan pesta demokarsi ini. Dan tentunya kami juga berharap besar baik pihak pemerintah setempat, kepolisian, TNI dan masyarakat dapat bekerjasama menjaga keamanan dan kentraaman selama proses pemilu berlangsung hingga usai,” tukasnya. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib