KPU Sultra Telah Menyelesaikan Litmin 24 Balon Anggota DPD RI

Hidayatullah
Hidayatullah

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tahapan penelitian administrasi (Litmin) syarat dukungan bakal calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Sulawesi Tenggara (Sultra) telah dimulai sejak 27 April lalu.

Sampai hari ini, (hari ke-5 litmin) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra telah menyelesaikan 24 berkas bakal calon anggota DPD.

“Sampai hari kelima litmin, baru 24 calon yang berhasil dilitmin,” kata Ketua KPU Sultra Hidayatullah lewat pesan WhatsApp yang diterima zonasultra.com, Rabu (2/5/2018).

Pria yang akrab disapa Dayat itu menuturkan, salah satu kendala yang dialami petugas litmin di help desk KPU Sultra adalah banyaknya syarat dukungan yang disetor oleh para kandidat. Sehingga proses pencocokan antara foto copy KTP dan data di Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) menjadi lambat.

“Selain jumlah bakal calon yang banyak, juga jumlah dukungan rata-rata diatas 3.000-an,” terang Hidayatullah.

Beberapa hari sebelumnya, anggota KPU Sultra Tina Dian Eka Taridala menyampaikan bahwa keseluruhan bakal calon anggota DPD yang diberikan tanda terima sebanyak 69 orang.

Sementara yang mengambil akun sebagai prasyarat pendaftaran sebanyak 73 orang. Artinya, ada empat orang bakal calon yang gugur dalam tahapan awal seleksi berkas dukungan. (B)

 


Reporter: Lukman Budianto
Editor: Jumriati
loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib