iklan zonasultra

KPU Sultra Terbitkan 20 Tanda Terima Balon DPD RI

Tina Dian Ekawati Taridala
Tina Dian Ekawati Taridala

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kamis (26/4/2018) besok, tepat pukul 24.00 Wita penyetoran dukungan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra) akan ditutup.

Dari 73 orang yang telah mengambil mandat, hingga pukul 11.00 Wita pagi tadi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) baru menerbitkan 20 tanda terima dukungan balon DPD Sultra.

“Artinya, 20 orang itu akan masuk ke tahapan berikutnya untuk penelitian administrasi,” kata Anggota KPU Sultra Tina Dian Ekawati Taridala di Help Desk KPU Sultra, Jalan Balai Kota III Kota Kendari, Rabu (25/4/2018).

Lanjutnya, pihak KPU akan melibatkan dinas kependudukan dan pencatatan sipil dalam melakukan penelitian berkas dukungan.

“Kami akan libatkan dinas pencatatan sipil ketika salah satu contoh surat keterangan yang diterbitkan Disdukcapil mengikuti yang ditetapkan Kemendagri atau tidak,” ungkap Dian.

Proses penelitian itu akan berlangsung dari 27 April sampai 10 Mei nanti. Yang diteliti antara lain pekerjaan nama-nama dukungan yang disetor masing-masing calon.

“Kita akan lihat pekerjaannya apa, apakah dari TNI/Polri, atau dari mana saja termasuk juga batas usia maksimal dan juga minimal usia, atau status perkawinannya,” terang Dian.

Untuk diketahui, akun sistem informasi perseorangan peserta pemilu (SIPPP) adalah salah satu prasyarat mendaftar sebagai calon anggota DPD RI daerah pemilihan Sultra. Berdasarkan catatan Helpdesk KPU Sultra, sebanyak 73 orang telah mengambil akun SIPPP itu. (B)

 


Reporter: Lukman Budianto
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib