iklan zonasultra

KPU Wakatobi Tetap Lantik 300 PPS Sesuai Tahapan di Tengah Wabah Corona

Ketua KPUD kabupaten Wakatobi, Abdul Rajab
Abdul Rajab

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap akan melaksanakan jadwal tahapan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 22 Maret 2020.

Ketua KPU Wakatobi Abdul Rajab mengatakan, pelantikan 300 anggota PPS itu sebenarnya dilakukan secara bersamaan di satu tempat. Namun untuk mencegah penularan virus corona maka pelantikan itu akan dilakukan di setiap pulau yang ada di Wakatobi.

Iklan Zonasultra

Kata Rajab, langkah itu merupakan instruksi KPU RI melalui surat edaran KPU Nomor 4 Tahun 2020 terkait protokol kesehatan penanganan meluasnya wabah virus Corona yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

“Pelantikan PPS ini sebenarnya dilaksanakan di satu tempat. Tapi Minggu besok (22/3/2020) kita bagi di empat pulau, yakni Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko,” kata Rajab melalui sambungan teleponnya, Sabtu (21/3/2020).

Dikatakan Rajab, di Wakatobi ada 8 kecamatan di mana setiap pulau terdiri dari dua kecamatan. Di Pulau Wangi-Wangi, karena jumlah tempat pemungutan suara (TPS) lumayan banyak maka pelantikan akan dilakukan pada pagi hari untuk Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, dan sore hari untuk Kecamatan Wangi-Wangi.

(Baca Juga : Jelang Pilkada 2020, Begini Persiapan KPU Wakatobi)

“Sementara di Pulau Kaledupa karena jumlah TPS tidak begitu banyak maka kami gabung Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan. Begitu juga di Pulau Tomia, kami gabung Kecamatan Tomia dan Tomia Timur. Di Pulau Binongko juga seperti itu, kami gabung Kecamatan Binongko dan Togo Binongko. Pelantikannya itu di balai kecamatan pada pagi hari,” jelasnya.

Pelantikan akan dilakukan oleh lima komisioner KPU Wakatobi. Kata dia, saat ini pihaknya telah melakukan pembagian tugas untuk melakukan pelantikan di masing-masing pulau.

Rajab menambahkan, personel PPS Pilkada Wakatobi 2020 yang telah lolos tahap seleksi berjumlah 300 orang. Total 300 orang itu merupakan jumlah kebutuhan 100 desa/keluruhan yang ada di Wakatobi. Masing-masing desa/kelurahan bakal disiagakan tiga personel PPS pada hari pelaksanaan Pilkada Wakatobi 23 September 2020 mendatang. (b)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib