iklan zonasultra

KPUD Tetapkan Tiga Tema Utama Debat Kandidat Pilgub Sultra

Ketua KPUD Sultra Hidayatullah
Ketua KPUD Provinsi Sultra Hidayatullah (Tengah berjaket hijau) (TAHIR OSE/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tiga hari lagi atau tepatnya 5 April 2018 KPUD Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar debat kandidat bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sultra.

Pada debat kandidat tersebut KPUD tela menetapkan tiga tema utama yakni reformasi birokrasi dengan mengangkat sub tema tata kelola dan inovasi pemerintahan. Selanjutnya pelayanan publik dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Ketua KPUD Sultra Hidayatullah menjelaskan untuk menyusun materi debat KPU Prov Sultra mendapat masukan dari 5 (lima) orang Professor sebagai pakar dibidang masing-masing yang memiliki kapasitas dan kredibilitas tinggi.

“Siapa para Profesor dan pakar ini kami sangat merahasiakan agar tidak dapat dilakukab pendekatan oleh para paslon. Demi menjaga kerahasiaan pertanyaan yang diajukan sesuai tema nantinya,” ujar Dayat sapaan karib Hidayatullah.

(Baca Juga : 5 April Ini, KPUD Gelar Debat Kandidat Paslon Gubernur Sultra)

Menurut Dayat dalam menentukan panelis dan moderator KPUD melakukan tracking terkait integritas, kejujuran, dan tentunya panelis tidak memiliki keberpihakan pada salah satu pasangan calon.

“Adapun moderator ditambah satu syarat yaitu Simpatik. Baik Panelis dari Pakar tersebut dan moderator akan menandatangani pakta integritas berupa surat pernyataan atas sikap tersebut serta menjaga kerahasiaan materi pertanyaan,” tambah Dayat.

Untuk masing-masing Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada debat publik tersebut dapat mengikutsertakan tim kampanye atau tim pendukung paling banyak 100. orang. Untuk pendukung lainnya yang tidak dapat diakomodir dalam ruangan debat bisa menonton live dari posko masing-masing. Dan masyarakat bisa menonton live tersebut di rumah masing-masing.

Debat Kandidat pilgub Sultra rencananya akan dihelat di Hotel Clarion pada 5 April 2018 pukul 19.30 Wita. Debat juga akan ditayangkan secara live melalui stasiun TV Nasional. (*)

 


Penulis : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib