iklan zonasultra

Kunjungan Jokowi ke Sultra, Protokol Kesehatan Diterapkan dengan Ketat

Kunjungan Jokowi ke Sultra, Protokol Kesehatan Diterapkan dengan Ketat
KUNJUNGAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Kota Kendari dan Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk meresmikan pabrik gula dan Jembatan Teluk Kendari, Kamis (22/10/2020). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Kota Kendari dan Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk meresmikan pabrik gula dan Jembatan Teluk Kendari, Kamis (22/10/2020).

Pantauan awak ZonaSultra, saat pesawat kepresidenan mendarat di apron Pangkalan Udara (Lanud) Haluoleo, Jokowi turun dengan mengenakan masker. Jokowi lalu disambut Gubernur Ali Mazi.

Iklan Zonasultra

Jokowi tak melakukan jabat tangan dan menjaga jarak dengan Ali Mazi. Ali Mazi sendiri juga menggunakan masker dan plastik pelindung muka (face shield). Keduanya tampak memberi salam dengan merapatkan kedua telapak tangan di dada.

Dari Bandara Haluoleo, mantan Wali Kota Solo tersebut bertolak menuju pabrik gula di Kabupaten Bombana dengan menumpangi helikopter super puma. Ali Mazi tampak mengikut dari belakang menuju helikopter.

Dalam kunjungan kerja di masa pandemi Covid-19 yang masih merebak, para tamu undangan dan pejabat diminta menyertakan hasil uji swab. Jurnalis istana pun tak diikutsertakan dalam kunjungan kerja tersebut.

Baik di pabrik tebu dan di jembatan Teluk Kendari, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) membatasi akses mengikuti peresmian tersebut. Salah seorang fotografer Pemerintah Provinsi Sultra hanya memotret layar yang menampilkan video streaming.

“Kita berada di balik tenda Jokowi merealisasikan jembatan, jadi dipasang layar dan kita hanya bisa memfoto layar itu saja,” ungkapnya saat ditemui usai peresmian jembatan dilakukan.

Senada dengan itu, protokoler DPRD Kota Kendari Iksan juga membawa hasil uji usap sebelum ikut dalam kegiatan tersebut mendampingi pimpinan DPRD. Ia baru saja menjalani tes swab massal bersama aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Kendari beberapa waktu lalu.

“Saya sudah punya hasil swab negatif, surat keterangan itu memang selalu dibawa di mana-mana saya pergi mengawal pimpinan DPRD,” kata Iksan.

Tak hanya itu, wartawan juga diarahkan untuk meliput kegiatan peresmian jembatan secara virtual di kanal YouTube Biro Pers Kepresidenan. Di jembatan Teluk Kendari sendiri, salah seorang fotografer pemerintah yang tak ingin disebutkan namanya mengaku hanya mengabadikan momen lewat layar video.

Usai meresmikan Jembatan Bahteramas, Jokowi dan rombongan langsung ke Jakarta melalui Bandara Haluoleo. Dari Bungkutoko ke bandara, Jokowi menumpangi helikopter super puma. (A)

 


Reporter: Fadli Aksar
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib