Lanud Halu Oleo Pasang Alat Pemantau Cuaca AWOS

Danlanud Halu Oleo Letkol Pnb Muhram Jayahadi Kusuma
Jayahadi Kusuma

Danlanud Halu Oleo Letkol Pnb Muhram Jayahadi Kusuma
TINJAU AWOS
– Danlanud Halu Oleo Letkol Pnb Muhram Jayahadi Kusuma saat meninjau AWOS di landasan pacu Bandara Haluoleo. (Lukman Budianto/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bandar Udara Halu Oleo kini dilengkapi dengan Automatic Weather Observation System (AWOS). Alat pemantau cuaca yang dipesan dari Amerika ini dipesan langsung oleh Pangkalan TNI Angkatan Udara Halu Oleo Kendari.

AWOS berfungsi untuk meningkatkan kerapatan titik pengamatan dalam satu jaringan kerja (network) dengan menyediakan data dari lokasi baru dan lokasi-lokasi yang sulit dijangkau atau berbahaya.

Komandan Angkatan Udara Halu Oleo Letkol Pnb Muhram Jayahadi Kusuma mengatakan, selama ini pengamatan di Bandara Halu Oleo memakai sistem manual. Dengan adanya alat yang bekerja secara otomatis ini, diharapkan mampu meningkatkan keamanan di bandara.

“Dengan adanya alat ini, diharapkan mampu meningkatkan keamanan di penerbangan di Bandara Halu Oleo,” kata Muhram saat meninjau AWOS yang telah terpasang di Bandara Haluoleo Kamis (16/11/2017) siang.

Lanjutnya, keunggulan lain yang dimiliki AWOS, mampu menyediakan data pengamata diluar jam pengamatan normal, serta meningkatkan kepercayaan pengukuran dengan menggunakan teknologi canggih dengan teknik pengukuran digital.

Yang paling utama, alat ini mampu meminimalisir kesalahan manusia. Keunggulan lainnya, AWOS mampu mengurangi biaya operasional dengan berkurangnya jumlah pengamat pengukuran dan pelaporan hasil pengamatan dengan frekuensi yang tinggi dan berkesinambungan.

“Fenomena yang sering terjadi disini (Bandara Halu Oleo) kan adanya awan tebal di pagi hari. Nah dwngan adanya alat ini, kita mampu mendeteksi hal tersebut lebih dini sehingga secara otomatis akan sampai ke pilot,” jelas Muhram. (B)

 

Reporter : Lukman Budianto
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here