iklan zonasultra

Laode Ahmad Balombo, Salah Satu Direktur Kemendagri Dikabarkan Jabat Pj Sekda Sultra

Pj Sekda Sultra Laode Ahmad Balombo
Laode Ahmad Balombo

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Lebih dari satu tahun, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) diisi oleh Penjabat (Pj). Jabatan Pj Sekda Sultra terakhir diisi oleh Laode Mustari, sebanyak 2 periode atau 6 bulan, dan telah berakhir pada 15 November 2019.

Dari informasi yang dihimpun awak zonasultra di lingkup pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra, Senin (18/11/2019), jabatan Pj Sekda Sultra bakal diisi oleh Laode Ahmad Balombo, yang dipilih secara langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian.

Laode Ahmad Balombo sendiri merupakan putra asli Sultra, yang kini menjabat sebagai Direktur Organisasi Masyarakat Direktorat Jenderal Politik dan Hukum, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

iklan zonasultra

“Saya kurang tahu pasti, tapi informasi seperti itu. Katanya Laode Ahmad Balombo,” singkat Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra, Laode Ali Akbar saat ditemui awak media.

(Baca Juga : DPRD Usul Pj Sekda Sultra dari Unsur Pejabat Kemendagri)

Meski begitu, untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda Sultra. Gubernur Sultra kabarnya telah menunjuk Laode Mustari untuk menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Sultra selama satu minggu ke depan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Akmal Malik telah mengisyaratkan terkait penunjukkan Pj Sekda Sultra yang akan dilakukan secara langsung oleh Kemendagri. Selain itu, Wakil Ketua DPRD Sultra Muh. Endang sebelumnya juga telah memberikan usul kepada Kemendagri untuk mengutus pejabatnya menempati posisi Pj Sekda Sultra.

(Baca Juga : Pj Sekda Sultra akan Ditunjuk Langsung Kemendagri)

Menurut Endang, alasan pihaknya mengusulkan Pj Sekda Sultra dari pejabat Kemendagri karena jika Pj Sekda dijabat kembali pejabat lingkup pemerintah provinsi (Pemprov), maka seleksi Sekda Sultra definitif tidak akan pernah selesai. Sebab beberapa kali Pj Sekda diisi oleh pejabat Pemprov belum mampu menyelesaikan persoalan seleksi Sekda definitif.

Untuk diketahui, jabatan Pj Sekda Sultra sudah diperpanjang enam kali yakni Sarifuddin Safaa dua kali, Isma dua kali dan Laode Mustari yang juga 2 kali dan hingga saat ini menjabat Plh Sekda Sultra. (a)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor : Kiki
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib