iklan zonasultra

Lebaran, Pertamina Pasok 20.160 Tabung LPG 3 Kg di Sultra

Lebaran, Pertamina Pasok 20.160 Tabung LPG 3 Kg di Sultra
PERTAMINA- Suasana kegiatan operasi pasar gas elpiji oleh PT Pertamina di Kota Kendari. Jelang lebaran ini ada 20.160 tabung gas yang dipasok oleh PT Pertamina MOR VII Sulawesi untuk pemenuhan kebutuhan gas di Bumi Anoa. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi siap memasok 20.160 tabung elpiji (LPG) 3 kg di Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam operasi pasar untuk kebutuhan lebaran Idulfitri 2019.

“Kita pastikan stok cukup dan jalur distribusi produk-produk Pertamina aman dan lancar termasuk gas elpiji,” ujar Hatim Ilwan, Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR VII melalui keterangan tertulisnya, Kamis (23/5/2019).

Sebaran gas melon tersebut yakni di Kota Kendari rencananya 9.520 tabung elpiji akan disebar di beberapa kecamatan seperti Nambo, Mandonga, Kadia, Wuawua, Poasia, dan Baruga.

Kemudian, dua kecamatan di Kabupaten Kolaka pun akan mendapat tambahan alokasi 2.240 tabung elpiji 3 kg pada saat operasi pasar, yakni Kecamatan Kolaka dan Latambaga.

Di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), sebanyak 5.600 tabung elpiji 3 kg dilepas melalui operasi pasar untuk Kecamatan Sabulako, Landono, Kolono, Kolono Timur, Ranomeeto, Ranomeeto Barat, Wolasi, dan Konda.

Sedangkan Kabupaten Konawe sekitar 2.800 tabung elpiji 3 Kg akan didistribusikan melalui operasi pasar di tiga kecamatan, yaitu Lambuya, Wawotobi, dan Unaaha.

(Baca Juga : Pertamina Siapkan 2.236 Tiket Gratis untuk Pemudik dari Makassar ke Baubau)

Sebelumnya Pertamina memperkirakan konsumsi LPG 3 kg bersubsidi di Sultra meningkat 7,4 persen atau menjadi sebesar 146 metrik ton (MT) per hari yang setara 48 ribuan tabung 3 kg dari rata-rata konsumsi harian sebesar 136 MT atau setara 45 ribu lebih tabung 3 kg.

Hatim menjelaskan, selain meningkatkan pasokan elpiji, Pertamina juga menggelar operasi pasar selama bulan Ramadan. Kegiatan yang berlangsung sejak 22 hingga 29 Mei 2019 ini rencananya akan dilaksanakan di beberapa kota/kabupaten di Sultra.

Pertamina juga selalu memastikan ketersediaan elpiji, khususnya tabung 3 kg yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin sesuai aturan pemerintah.

“Kami mengimbau masyarakat membeli LPG tabung 3 kg di pangkalan resmi yang menjual sesuai HET,” ujarnya.

(Baca Juga : Pertamina Tetapkan 3.000 Kendaraan di Kendari Penerima Kartu BBM Solar Subsidi)

Ketika menemukan pangkalan yang terbukti melanggar, misalnya menjual di atas HET, menurut Hatim, masyarakat bisa segera melaporkan ke call center Pertamina di nomor 135.

Pertamina juga berharap masyarakat membeli LPG 3 kg dengan bijak dan sesuai peruntukkannya. Selain elpiji 3 Kg,Pertamina juga menyediakan varian Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg serta elpiji tabung biru 12 kg dan 50 kg bagi masyarakat mampu, restoran, dan pengusaha hotel.

“Dan kami siap memenuhi berapa pun kebutuhannya,” tutup Hatim. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib