iklan zonasultra

Lima Prodi USN Kolaka Resmi Pindah ke Buteng

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Ruslin Hadanu
Ruslin Hadanu

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak lima dari 26 program studi (prodi) di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mulai tahun ajaran baru 2019 ini dipastikan proses perkuliahannya dilaksanakan di Kampus B USN Kolaka di Buton Tengah (Buteng). Lima prodi tersebut yakni S-1 Ilmu Perikanan, Peternakan, Kimia, Ilmu Komputer, dan D-III Keperawatan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik USN Kolaka Ruslin Hadanu mengatakan, pemindahan lima prodi dari kampus induk tersebut dimaksudkan untuk pengembangan kampus USN di Buteng.

Baca Juga : USN Kolaka Buka Semua Prodi di Jalur Seleksi Mandiri

iklan zonasultra

Sebelumnya kampus itu sudah mendapat izin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekditi) untuk digunakan tahun 2019 ini.

Kata dia, izin tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Rektor USN Kolaka untuk membuka lima prodi yang proses perkuliahan dilakukan di Buteng.

Sebut Ruslin, pemindahan lima prodi tersebut juga untuk semakin memudahkan masyarakat Sultra, khususnya yang berada di wilayah kepulauan dalam memperoleh akses pendidikan tinggi berstatus Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Di Buteng ini khusus untuk perkuliahan mahasiswa baru yang memilih lima prodi tersebut. Mahasiswa lama lima prodi itu, tetap kuliah di Kolaka seperti biasanya,” jelasnya saat ditemui di Kampus USN Kolaka, Kamis (4/7/2019).

Baca Juga : Mulai 2 Juli 2019, USN Kolaka Buka Pendaftaran Jalur Mandiri

Ruslin menambahkan, perkuliahan di Buteng nanti, pihaknya akan menggunakan gedung eks Puskesmas Kecamatan Mawasangka di Jalan Ahmad Yani. Terdapat delapan ruangan yang bisa menampung hingga 1.000 mahasiswa.

“Dosen-dosennya juga akan tinggal di sana. Kita sudah siapkan tempat tinggal sementara,” tambahnya.

Pembukaan kampus USN Kolaka di Buton Tengah telah mendapat izin dari Kemenristekditi pada Februari 2019 lalu. Di Buteng, USN juga telah memiliki 100 hektar lahan guna persiapan pembangunan gedung perkuliahannya nanti. (b)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib