iklan zonasultra

Lima Tahun Mekar, Andoolo Barat Baru Miliki Kantor Camat

Lima Tahun Mekar, Andoolo Barat Baru Miliki Kantor Camat
PERESMIAN - Bupati Konsel Surunudin Dangga saat meresmikan kantor Camat Andoolo Barat yang terletak di Desa Anese. Rabu (27/3/2019). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) Surunudin Dangga meresmikan Kantor Camat Andoolo Barat yang terletak di Desa Anese, Rabu (27/3/2019). Ini merupakan kantor camat pertama daerah ini setelah mekar tahun 2014.

Surunudin mengatakan, Pemda Konsel selama ini tak bisa menggelontorkan anggaran daerah untuk kepentingan pembangunan dan pelayan publik di wilayah itu, meskipun kecamatan tersebut telah menjadi daerah otonomi baru sejak memisahkan diri dari Kecamatan Andoolo.

“Daerah ini sebenarnya sudah berdiri sejak 2014. Baru hari ini miliki fasilitas tetap karena sebelumnya ada hambatan. Tahun 2018 wilayah ini baru teregistrasi di pusat, makanya baru kita bisa kucurkan anggaran,” ungkap Surunudin dalam sambutannya.
Mantan anggota DPRD Provinsi Sultra ini menjelaskan, jika anggaran digelontorkan saat itu, pemda bakal menyalahi aturan. Sebab, nomor registrasi daerah Kecamatan Andoolo Barat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) belum bisa diterbitkan. Selama ini pemerintah di wilayah itu meminjam kantor balai penyuluh pertanian (BPP) setempat untuk menjalankan roda pemerintahan.

Baca Juga : Personel Polsek Andoolo Perbaiki Rumah Warga yang Rusak Diterjang Angin

Lima Tahun Mekar, Andoolo Barat Baru Miliki Kantor Camat

“Saya minta para pejabat Kecamatan Andoolo Barat segera melakukan upaya percepatan pembangunan juga pelayanan. Pemda akan terus mendukung langkah yang diambil demi kemajuan kita bersama,” ungkapnya.

Camat Andoolo Barat Gunawan Syah dalam laporannya menjelaskan, areal pembangunan kantor merupakan tanah hibah dari masyarakat. Selain itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konsel turut menghibahkan lahanya seluas dua hektar.

Dana pembangunan kantor bersumber dari APBD tahun anggaran 2018 melalui dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Konsel.

Secara geografis Kecamatan Andoolo Barat terdiri dari 10 desa, dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Andoolo di sebelah timur, Kecamatan Buke di sebelah utara, Kecamatan Lalembuu di sebelah Selatan, dan Kecamatan Basala di sebelah Barat. (b)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib