iklan zonasultra

Mahasiswa Komunikasi UHO Pelajari Produksi Media bagi Humas

Mahasiswa Komunikasi UHO Pelajari Produksi Media bagi Humas
FOTO BERSAMA - Foto bersama mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) usai menggelar worksop dan seminar media humas, pada Minggu (27/5/2018) di Zenith Hotel. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar worksop dan seminar media humas, pada Minggu (27/5/2018) di Zenith Hotel. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa diperkenalkan dengan proses produksi media yang dilakukan oleh Public Relations (PR).

Sesi workshop pertama ialah simulasi konferensi pers dan pembacaan press releasse perusahaan. Pada sesi tersebut, mahasiswa melakukan simulasi dan bertugas sebagai public relations sebuah perusahaan yang sedang melakukan tanya jawab dengan awak media yang juga diperankan oleh mahasiswa.

Sedangkan pada sesi kedua, mereka diajari tentang pemanfaatan website sebagai media kerja PR. Disesi tersebut, mahasiswa diajari tentang pentingnya memanfaatkan teknologi komunikasi untuk melakukan kerja-kerja humas. Sesi ini juga digunakan untuk belajar membuat website sendiri.

“Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk bekal menjadi seorang PR, tetapi juga dapat memberdayakan keterampila tersebut dengan membuat krativitas yang akan bernilai ekonomi dan bisa menjadi sumber pendapatan mereka,” ungkap Sitti Utami Rezkiawaty Kamil, salah seorang dosen Komunikasi UHO melalui siaran persnya, Senin (28/5/2018).

(Baca Juga : Edukasi Pemilih Pemula, BEM FISIP UHO Gelar FISIP Talk)

Ia melanjutkan, sesi selanjutnya ialah seminar dengan tujuan untuk memperdalam perolehan ilmu yang telah dicapai mahasiswa dalam proses belajaranya. Dalam kesempatan ini, General Manager Zenith Hotel Kendari, Baso menyempatkan untuk memberikan materi terkait konferensi pers. Materi lain juga dibawakan oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UHO, Masrul yang membawakan materi tentang tantangan profesional mahasiswa PR.

“Tadi dijelaskan oleh Kajur Ilkom UHO, bahwa sebagai mahasiswa PR dituntut harus bisa peka pada perkembangan zaman. Website adalah salah satu skill yang harusnya dimiliki PR modern agar dapat menjangkau khalayaknya,” kata Utami.

Untuk diketahui, di sesi akhir kegiatan, dilakukan lounching website jurusan Ilmu Komunikasi uho, dengan alamat www.komunikasi-uho.info. Website ini hadir sebagai media bverbagi informasi untuk dosen dan mahasiswa di jurusan ilmu komunikasi. (B)

 


Reporter : Sri Rahayu
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib