iklan zonasultra

Manfaatkan di Rumah Saja dengan Persiapan SKB CPNS

Manfaatkan di Rumah Saja dengan Persiapan SKB CPNS
Cuitan akun Twitter @BKNgoid.

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Waktu di rumah saja untuk memutus rantai pencegahan virus corona atau Covid-19 dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Seperti diketahui Pemerintah memutuskan menunda jadwal SKB Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019, sehubungan status keadaan tertentu darurat wabah Covid-19.

Wabah Covid-19 telah memberikan dampak sosial dan ekonomi yang luar biasa. Sekolah diliburkan dan belajar di rumah, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sebagian para pekerja pun melakukan Work form Home (WfH) untuk mengantipasi Covid-19.

Iklan Zonasultra

Sejumlah mall dan tempat hiburan ditutup, hajatan pernikahan pun dilarang, bahkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) ditiadakan. Dengan situasi kondisi seperti ini mau tidak mau masyarakat dipaksa untuk di rumah saja.

Daripada bosan di rumah saja, lebih baik persiapkan SKB lebih matang. Mumpung waktu SKB diundur, para pejuang CPNS dapat belajar lebih lama lagi. Ingat bobot SKB adalah 60 persen, jadi harus totalitas dalam menyelesaikan tes SKB.

Sebagai kisi-kisi, soal SKB berkaitan dengan peraturan instansi dan kebijakan instansi yang dilamar. Jika pada soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) cenderung pengetahuan dasar atau umum, maka pada SKB akan lebih menjurus ke bidang profesi yang dilamar.

Dalam akun Twitter @BKNgoid memberikan petunjuk tentang peraturan instansi terkait jabatan yang dilamar.

“Cari Permenpan dan peraturan instansi terkait mengenai jabatan itu. Kombinasikan dengan bidang pendidikanmu yang berkaitan dengan jabatan tersebut. Ingat, penyusun soal bidang adalah masing-masing instansi pembina jabatan,” cuitnya.

Oleh karena itu, sembari di rumah saja yuk belajar persiapan SKB. Dengan tetap di rumah saja, masyarakat telah membantu memutus rantai penyebaran Covid-19. Ketika pandemi virus dari Wuhan, Hubey China ini berakhir, masyarakat dapat beraktivitas kembali seperti biasa. Pelaksanaan SKB pun dapat segera dilakukan. (A)

 


Penulis : Rizki Arifiani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib