iklan zonasultra

Massa Penolak TKA China Demo di Pertigaan Konda

Massa Penolak TKA China Demo di Pertigaan Konda
DEMO - Sejumlah massa penolak TKA saat menggelar aksi unjuk rasa di pertigaan, Desa Konda Satu Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (30/6/2020) (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO- Puluhan massa penolak tenaga kerja asing (TKA) China melakukan blokade, kali ini di jalan pertigaan Desa Konda Satu Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra). Massa berdemonstrasi hingga malam hari, Selasa (30/6/2020).

Jalan ini merupakan alternatif akses jalan menuju Bandara Haluoleo Kendari selain gerbang utama bandara yang ada di Desa Ambaipua, Kecamatan Ranomeeto, Konsel yang telah lebih dulu diblokade sebelumnya.

Iklan Zonasultra

Massa menduga, rombongan pertama 156 TKA China yang didatangkan sebelumnya melewati jalur ini. Tak ingin kecolongan, massa berkumpul tepat di pertigaan jalan sambil melakukan orasi, mereka juga membakar sejumlah ban bekas yang sejak sore hari telah dipersiapkan.

Salah seorang mahasiswa, Sarwan Tekasoli meneriakkan tuntutan massa dalam orasinya. Katanya, mereka merasa kecewa dengan sikap pemerintah yang telah mengizinkan TKA masuk di Sultra.

“Kami tegas menolak TKA, mereka dimasukkan tidak dengan prosedur yang seharusnya. Praktek seperti ini terus menerus terjadi dengan dalih investasi,” teriak Sarwan dalam orasinya.

Pantauan awak Zonasultra.com, aksi tersebut mendapat penjagaan dari pihak kepolisian, kendaraan roda empat yang keluar dari jalan arah bandara diperiksa oleh sekelompok massa. Meski begitu, aksi demonstrasi berjalan kondusif. (A)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib