iklan zonasultra

Mendagri Dukung Penanganan Covid-19 Jadi Tema Pilkada 2020

Mendagri Dukung Penanganan Covid-19 Jadi Tema Pilkada 2020
KUNJUNGAN KERJA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke kantor Komisi Pemilihan Umum RI untuk membahas pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, di Jalan Imam Bonjol nomor 29, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis sore (30/7/2020). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk membahas pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Dalam kesempatan itu, Tito mendukung jika penanganan Covid-19 menjadi tema Pilkada 2020.

“Saya mengapresiasi tema yang diangkat oleh KPU karena hampir sama dengan tema yang kami inginkan juga. Yaitu Pilkada sebagai gerakan perlawan Covid-19,” kata Tito di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Nomor 29, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis sore (30/7/2020).

Iklan Zonasultra

Tito meminta kepada KPU agar peran kepala daerah dalam penanganan Covid-19 dan dampak sosial, ekonominya dapat menjadi salah satu tema debat atau adu gagasan oleh para kandidat pilkada. Sehingga pilkada tidak menjadi bagian yang terpisah dari penanganan Covid-19 atau protokol Covid-19 yang hanya sekedar melindungi penyelenggara dan pemilih.

Tito menegaskan bahwa pilkada bisa menjadi momentum emas dalam rangka menekan penularan Covid-19. Caranya yaitu dengan mengangkat tema penanganan Covid-19 untuk pilkada serentak ini. Kontestan pilkada dipersilakan saling adu gagasan dan adu berbuat untuk menekan Covid-19.

“Kemudian juga dimasukkan dalam aturan PKPU alat peraga masker. Maskernya boleh menggunakan gambar, nama kontestan, atau hand sanitizer. Sehingga terjadi pembagian masker, hand sanitizer secara masif oleh para kontestan,” jelas Tito.

Dalam kunjungannya, Mendagri bersama Komisioner KPU RI membahas beberapa hal seperti masalah anggaran, bagaimana mempercepat pencairan anggaran di daerah-daerah dengan melakukan kunjungan ke daerah. Tito melihat terkait dengan anggaran sudah jauh membaik, dari NPHD daerah, hibah daerah, maupun dari pusat. Pihaknya juga membangun komunikasi dengan Menteri Keuangan terkait pencairan dana untuk KPU dan Bawaslu. (A)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib