Menjaga Konstitusi Indonesia, UHO Gelar Seminar Regional

rektor uho Muhamad Zamrun
Muhamad Zamrun

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Fakultas Hukum, Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar seminar regional tentang menjaga keutuhan konstitusi Indonesia di salah satu hotel Kota Kendari, Sabtu (6/10/2018).

Rektor UHO, Muhamad Zamrun dalam sambutanya mengatakan bahwa seminar itu bertujuan untuk merefleksi kesadaran konsepsi ketatanageraan bagi implementasi atas konstitusi Undan Undang Dasar (UUD) 1945.

Seminar ini diinisiasi forum ahli konstotusi dan ketatanegaraan yang secara moral akademis bertanggung jawab merawat kesadaran konsepsional demokrassi Konstitusi UUD 1945.

Menurut Zamrun, setiap warga negara Indonesia harus menjaga konstitusi negara agar cita-cita luhur pendidi bangsa ini tercapai dan terjaga, serta tidak ada intervensi dari negara lain.

“Kampus akan mensuport serta mefasilitasi langkah-langkah Konstitusi untuk menjaga serta mengawal konstitusi Indonesia agar tidak ada interpensi negara luar,” tutur Zamrun.

Dia menilai, kampus menjadi benteng terakhir dari semua keperluan di negara ini. Sebab, kampus merupakan gudang ilmu bagi seluruh pihak dalam melakukan penelitian yang dapat menguatkan independensi bangsa ini.

“Mau tidak mau, Lembaga mana saja pasti mau bekerjasama dengan kampus, karena jika melakukan hasil penelitian, salah atau benar itu tidak akan dipermasalahkan. Malah nanti akan diajukan jadi bahan undang undang. Untuk itulah pentingnya kampus, karena kita yang mengkaji, kita yang memutuskan dan kita yang menyimpulkan tanpa intervensi dari luar”, jelasnya.

Selain itu, Zamrun juga menghimbau agar seluruh aktivitas akademik UHO selalu mengadakan kajian kampus untuk mengetahui bagaimana bertatanegara dengan baik.(C)

 


Reporter : CR2
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib