Menuju PT Unggul, UMK Ikut Program Asuh

UMK Kendari Siapkan 1.500 Kursi Untuk Calon Maba
Universitas Muhammadiyah Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Menjadikan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) sebagai perguruan tinggi (PT) yang unggul. Rektor UMK, Muhammad Nur beserta jajarannya ikut serta dalam program asuh.

Wakil Rektor Bidang Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ahmad Nurmandi menjelaskan, program asuh merupakan program Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam peningkatan layanan mutu pendidikan tinggi untuk menumbuhkan budaya mutu, melalui penerapan sistem penjaminan mutu internal oleh perguruan tinggi unggul kepada perguruan tinggi asuhan.

“Program ini diperuntukkan bagi Perguruan Tinggi di bawah naungan Kemenristekdikti yang memenuhi persyaratan, sementara untuk PT Asuhan yaitu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada pada kluster 3 dan 4 sesuai Surat Keputusan Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti nomor 2189/C/Kep/VIII/2017, tanggal 16 Agustus 2017,” jelasnya, Senin (14/5/2018).

Diharapkan program ini mampu meningkatkan akreditasi perguruan tinggi yang dibimbing, sehingga kepercayaan masyarakat pun ikut meningkat. Begitu pun yang diharapkan dari UMK yang juga ikut dalam program ini.

Sementara itu, pemateri asal tim asuh UMY, Suryo Pratolo mengatakan, untul menjadi PT yang unggul tentu perlu didukung dengan peran informasi dan teknologi khususnya dalam tata kelola PT itu sendiri.

“Pengelolaan PT yang baik dan benar adalah menjalankan kualitas pendidikan tinggi dengan baik serta manajemen yang bisa dipertanggung jawabkan untuk mencapai PT yang unggul,” katanya.

Prinsipnya, terang Suryo, yaitu adanya tranparansi atau keterbukaan baik dalam keputusan dan kebijakan yang diambil harus sesuai keputusan bersama serta dapat diakses oleh stakeholder yang membutuhkan.

Selain itu, lanjutnya, diperlukan akuntabilitas, fairness atau pengangkatan pegawai berdasarkan kompetensi dan track record, serta diperlukan efektif dan efisien. Adapun peran IT ialah dalam efisiensi manajemen dan efektifitas pembelajaran. Inilah yang menjadi kunci sukses dalam peningkatan daya saing.

“Manfaat sistem informasi bagi sistem pengendalian pengelolaan PT sendiri, berdasarkan pada data yang baik dan benar. Untuk mengelola data haruslah efektif, memperhitungkan waktu, dalam artian pengolahan data cepat, biaya, dan personal, ” terangnya. (B)

 


Reporter : Sri Rahayu
Editor : Kiki
loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib