iklan zonasultra

Mulai 11 April, UP3 PLN Baubau Gratiskan dan Diskon Tarif Listrik

Manajer Pemasaran UP3 PLN Baubau, Muh Syamsul Kamar
Manajer Pemasaran UP3 PLN Baubau, Muh Syamsul Kamar

ZONASULTRA.COM,BAUBAU– Sebanyak 86.276 kepala keluarga yang tercatat sebagai pelanggan UP3 PLN Baubau, dapat kompensasi tarif listrik. Bagi pengguna KWH 450 VA akan digratiskan dan yang mendapat diskon 50 persen adalah KWH 900 VA. Hal ini menyusul instruksi Presiden Joko Widodo, demi membantu biaya hidup warga di tengah wabah corona.

Wilayah pasokan listrik UP3 PLN Baubau meliputi Kabupaten Muna, Muna Barat, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Wakatobi, dan Kota Baubau, dan juga Kecamatan Kabaena di Bombana.

Manajer Pemasaran UP3 PLN Baubau, Muh Syamsul Kamar, mengatakan warga yang mendapat kompensasi listrik adalah yang masuk kategori pelanggan subsidi. Ini berlaku bagi pelanggan prabayar, maupun pascabayar.

“Tidak semua pelanggan KWH 450 VA dan KWH 900 VA itu kategori subsidi. Ada juga yang masuk sebagai pelanggan non subsidi,” terangnya di kantornya, Jumat (3/4/2020).

(Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Tarif Listrik Gratis dari Pemerintah)

“Cara mengetahui dia masuk pelanggan subsidi atau non subsidi bagi warga, gampang saja. Tinggal lihat pada struk (resi) saat belanja token listrik bagi pelanggan prabayar, dan struk tagihan listrik bulanan bagi pelanggan pascabayar. Jika pada struk itu tertulis kode R1 maka dia masuk pelanggan subsidi, kalau RM1 masuk pelanggan non subsidi. Kode M itu berarti pelanggan bersangkutan dikategorikan mampu,” tambah Samsul.

UP3 PLN Baubau berkomitmen paling lambat 11 April 2020 pelanggan sudah bisa memperoleh listrik gratis dan diskon 50 persen. Kendalanya karena basis data yang besar, sehingga butuh waktu untuk menyegarkan program, memulainya dari awal kembali. Syamsul menyebut membuat seluruh program menjadi nol.

“Kami pastikan, Insyaallah tanggal 11 April ini, listrik gratis sudah bisa diperoleh warga, pelanggan UP3 PLN Baubau,” kata dia.

*Cara Memperoleh Listrik Gratis dan Diskon 50 persen

Jika telah mengetahui bahwa Anda sudah masuk pelanggan subsidi atau bukan, maka bagaimana cara memperoleh listrik gratis dan bonus 50 persen dari pemerintah?

Pertama: bagi pelanggan prabayar atau yang menikmati listrik setelah mengisi KWH dengan pulsa listik. Cara untuk memperolahnya listrik gratis yakni dengan menghubungi kontak Whatsapp 08122123123. Maka ID pelanggan dan ikuti petunjuknya, kemudian kode token voucher akan muncul, pelanggan tinggal memasukan kode tersebut ke meteran listrik.

“Besaran pulsa pada token listriknya akan dihitung dari berapa jumlah pemakaian rata-rata pelanggan selama tiga bulan terakhir,” terang Syamsul.

(Baca Juga : 212.430 Pelanggan Listrik di Sultra Digratiskan dan Dapat Diskon)

Jika selama tiga bulan terakhir, Januari, Februari, Maret, Anda rata-rata membutuhkan pulsa Rp100 ribu, maka demikian besaran yang akan diberikan pada tolen listrik gratis nanti. Bagi KWH yang selama tiga bulan tidak digunakan, Syamsul menyebutnya rumah kosong, tidak akan mendapatkan token gratis, sekali pun dia masuk dalam pelanggan subsidi.

“Sehingga warga tidak seenaknya saja. Misalkan ada satu rumah kosong yang sudah tidak digunakan, atau tidak dihuni, lalu seseorang ingin memanfaatkan momen ini karena rumah tersebut listriknya disubsidi pemerintah, percuma saja, karena dia tidak akan mendapat apa-apa. Sesuai pemakaian tiga bulan terakhir, kalau nol rupiah, maka token listrik yang dikirim dari operator juga nominalnya nol rupiah,” urai Syamsul.

Selain berhubungan dengan kontak Whatsapp tersebut, pelanggan juga dapat mengakses portal www.pln.co.id jika ingin memperoleh listrik gratis. Tinggal ikuti panduan dalam laman web saja.

Kedua: bagi palanggan pasca bayar. Gampang saja, selama tiga bulan, Anda akan menikmati listrik gratis dari pemerintah, tanpa takut tagihan datang. Tetap saja, dihitung rata-tara jumlah pemakaian selama tiga bulan terakhir, jika melewati batas aliran listrik menuju ke rumah Anda akan disetop.

“Pelanggan pascabayar hanya perlu menbayar biaya dari bank sebanyak Rp3 ribu. Selebihnya tanpa biaya lagi,” kata Syamsul.

Ketiga : Bagi pelanggan prabayar yang diberikan diskon 50 persen. Hubungi kontak Whatsapp dan sertakan rekening yang harus digunakan untuk belanja token listrik. Pembayaran tiap pembelian listrik selama tiga bulan akan dipotong setengahnya lewat rekening tersebut secara otomatis. Untuk yang pelanggan pascabayar diskon 50 persen, tinggal dipotong setengah dari total tagihan listrik yang digunakan selama satu bulan.

Perlu diingat, listrik gratis dan diskon 50 persen hanya diberikan sekali dalam sebulan. Sehingga ujar Syamsul, jika listrik yang Anda gunakan dalam sebulan melebihi kapasitas yang telah diberikan pemerintah, maka biayanya akan ditanggung pelanggan jika tetap menggunakan listik. Pilihan lain, tidak menggunakan listrik hingga bulan berikutnya tiba. (A)

 


Kontributor : Risno Mawandili
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib