iklan zonasultra

Muna Barat Dapat Bantuan 3.000 Unit Lampu Program Desa Terang

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan La Ode Butolo
La Ode Butolo

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan bantuan 3.000 unit lampu dari Kementerian Desa (Kemendes) yang menjadi program desa terang. Program ini dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Sebanyak 3.000 unit lampu tersebut terdiri dari 1.500 unit lampu jalan dan 1.500 unit lampu rumah tangga. Sampel lampu tersebut telah diuji coba di Kantor bupati Mubar pada Selasa (18/6/2019) kemarin oleh Bupati Mubar Rajiun dan wakilnya Achmad Lamani.

“Insyaallah tahun ini akan terang benderang di tiga wilayah besar di Mubar yakni Lawa Raya, Kusambi Raya, dan Tiworo Raya karena 3.000 unit lampu dari Kemendes akan tiba pada akhir bulan ini atau awal bulan Juli nanti,” kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan La Ode Butolo saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/6/2019) siang.

iklan zonasultra

Baca Juga : Pemda Mubar Akan Tanggung Biaya Prajabatan 347 CPNS

3.000 unit lampu tersebut dalam perjalanan menuju Mubar. Untuk pembagiannya nanti tergantung skala pemakaian yang betul-betul membutuhkan.

Muna Barat Dapat Bantuan 3.000 Unit Lampu Program Desa Terang
Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada bersama Wakil Bupati Achmad Lamani, Kadis Perumahan La Ode Butolo saat memperlihatkan bantuan lampu jalan dari Kemendes RI, di Kantor Bupati, Selasa (18/6/2019) yang lalu.

“Mubar merupakan daerah baru, dengan bantuan ini dapat menerangi desa-desa mulai dari lampu jalan dan lampu rumah tangganya. Insyaallah pemasangan 3.000 unit lampu ini, akan dilaksanakan mulai bulan Juli sampai September 2019 ini,” jelasnya.

3.000 unit lampu buatan dari Korea itu menggunakan listrik tenaga surya dan garansi pemakaiannya sampai 10 tahun. Selain itu, lampu ini menggunakan baterai dan remot kontrol.

“Kemarin kita sudah lakukan uji coba bersama Bupati La Ode M Rajiun dan Wakil Achmad Lamani, kalau lampu jalan ini sangat bagus ada lampu kelap-kelipnya. Untuk pemasangan lampu ini langsung dipasang oleh kementerian,” tuturnya. (B-)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib