iklan zonasultra

Nakes Jadi Prioritas Pertama Vaksinasi Covid-19 di Busel

Vaksinasi Covid-19 Dibagi Dua Gelombang, Mulai Januari 2021
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, BATAUGA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) memprioritaskan para tenaga kesehatan (nakes) dalam pemberian vaksinasi Covid-19. Selanjutnya petugas TNI-Polri yang menjadi garda terdepan pelayanan masyarakat juga akan disuntik vaksin Sinovac.

Kepala Dinas Kesehatan Busel, La Ode Budiman menjelaskan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa jumlah vaksin Sinovac Covid-19 yang akan diterima. Sebab, Busel tidak masuk pada tahap pertama pelaksanaan vaksinasi.

Hal ini sesuai data dari daerah yang sudah menerima pesan blast untuk melakukan registrasi melalui web pedulilindungi.id atau call *119#. Registrasi akan ditutup sebelum 14 Januari 2021 sesuai isi pesan blast.

“Belum final juga, untuk tahap pertama saja ini Sultra baru 2 kabupaten/kota yaitu Kendari dan Konawe. Data sasaran yang akan divaksinpun masih dirampungkan juga,” papar Budiman saat dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu (13/1/2021).

Namun demikian, pihaknya sudah mempersiapkan mekanisme tentang datangnya vaksin itu, termasuk menyiapkan freezer dan lemari penyimpanan vaksin. Ia mengaku, psudah menyiapkan semua kebutuhan dalam pemberian vaksin Sinovac Covid-19.

Seluruh nakes di Busel sudah diberikan training atau pembekalan terkait tata cara pemberian vaksin melalui zoom meeting. “Pada prinsipnya teman-teman di semua puskesmas mereka sudah pengalaman melakukan vaksinasi dengan imunisasi yang selama ini sudah berjalan, tinggal penguatan ulang bagaimana melaksanakan vaksinasi Covid-19,” tukasnya.

Diketahui, sebanyak 20.400 dosis vaksin Covid-19 dari PT Bio Farma sudah tiba di Sultra pada 5 Januari 2021. Saat ini, baru dua daerah yang sudah mendapatkan vaksin tersebut yakni, Kota Kendari dan Kabupaten Konawe. Kota Kendari mendapat kuota 8.680 dosis vaksin, sementara Kabupaten Konawe sebanyak 3.600 dosis vaksin sinovac. (b)

 


Penulis: M10
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib