iklan zonasultra

OJK Edukasi Keuangan di Pondok Pesantren Kolaka

OJK Edukasi Keuangan di Pondok Pesantren Kolaka
EDUKASI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan kegiatan edukasi keuangan di Pondok Pesantren Baitul Arqom (Ponpes), Kecamatan Polinggona, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan kegiatan edukasi keuangan di Pondok Pesantren Baitul Arqom (Ponpes), Kecamatan Polinggona, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelaksanaan kegiatan edukasi keuangan ini berkolaborasi dengan Ponpes Baitul Arqom, BRI Syariah Kendari, dan Finansialku, yang diselenggarakan pada Kamis (22/10/2020) spesial memperingati Hari Santri.

Iklan Zonasultra

Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Pusat, Horas V. M. Tarihoran mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bagian rangkaian bulan inklusi keuangan. Selain itu, merupakan kegiatan perdana yang dilakukan berkolaborasi dengan Ponpes Baitul Arqom.

Dalam kegiatan edukasi keuangan syariah ini, kata dia, pihaknya memberikan tiga materi yaitu waspada investasi bodong, simpanan pelajar syariah dalam rangka program satu rekening satu pelajar (kejar), dan perencanaan keuangan.

“Semoga dengan kegiatan ini para santri, guru, dan pengurus pondok pesantren dapat cerdas dalam mengelola keuangan termasuk terhindar dari investasi ilegal/bodong,” ujarnya.

Perwakilan dari pengurus Ponpes, Aan Kurniawan mengatakan, kegiatan edukasi keuangan ini menjadi penting karena pengelolaan keuangan yang baik adalah salah satu bentuk ibadah. Seperti slogan Ponpes Baitul Arqom yaitu ikhlas dan mutaba’ah dalam ibadah.

Kata dia, sekitar 500 peserta yang terdiri dari pengurus ponpes, para santri, hingga para pengajarnya menjadi peserta dalam kegiatan edukasi keuangan tersebut. Saat penyelenggaraan kegiatan menerapkan dan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19, yaitu membagi lokasi edukasi menjadi lima titik.

Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sultra, Ridhony M. H. Hutasoit, Pemimpin Cabang BRI Syariah, Eka Jati Rahayu Firmansyah, dan CFP Finansialku, Widya Yulianti.

Hadir dalam kegiatan, Pembina Yayasan Baitul Arqom, H. Acep Hidayatulloh, Ketua Yayasan, H. Dadan Solihul Anwar, Pimpinan Ponpes Baitul Arqom, Ustaz Sihabudin Rahman. (b)

 


Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib