iklan zonasultra

Padi Sawah di Tiga Kabupaten Ini dapat Asuransi Jasindo

Padi Sawah di Tiga Kabupaten Ini dapat Asuransi Jasindo

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) memprogramkan asuransi tanaman padi sawah di tiga kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Tiga Kabupaten tersebut adalah, Konawe Utara, Bombana, dan Kolaka Utara.

Pimpinan PT Jasindo Cabang Kendari Yogi Nursetyo mengatakan, dengan teraalisasinya program di tiga kabupaten itu, maka di tahun ini pihaknya telah memasukan program asuransi ini di delapan kabupaten dan kota di Sultra.

Sebelumnya PT Jasinod juga telah menerapkan program serupa ini di lima kabupaten, yakni Kabupaten Konawe, Buton, Kota Baubau, Kolaka, dan Konawe Selatan.

“Program asuransi tanaman padi sawah untuk memberikan kenyamanan bagi petani di Sultra dalam mengolah sawahnya. Sebab dengan diasuransikannya lahan mereka, petani tidak perlu risau akan terjadi gagal panen. Karena tanamannya sudah diasuransikan, “kata Yogi, Jumat (23/2/2018).

Dalam program asuransi tanaman sawah padi ini tuturnya, bukan hanya pemilik lahan yang mendapatkan asuransi. Tetapi penggarap sawah juga mendapatkan premi sebesar Rp 6 Juta setiap hektarnya.

Adapun hitung-hitungan premi asuransi lanjutnya, seharusnya setiap peserta membayarkan Rp 180 ribu per hektarnya. Tetapi karena ada subsidi dari pemerintah sebesar Rp 144 ribu, maka petani hanya membayarkan Rp 36 ribu untuk setiap hektar lahan yang mereka asuransikan setiap musim tanam.

“Tetapi karena ini merupakan kerjasama kami dengan pemerintah maka setiap petani hanya bisa mengasuransikan lahannya seluas dua hektar saja,” tuturnya. (B)

 


Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib