iklan zonasultra

Pameran Pesta Tenun Cita Indonesia di Butur Target Lahirkan Regenerasi Pengrajin

Pameran Pesta Tenun Cita Indonesia di Butur Target Lahirkan Regenerasi Pengrajin
PESTA TENUN - Ketua Dekranas Butur Sitti Rabiah Abu Hasan saat memberikan sambutan pada acara pameran pesta tenun cita di lapangan raja jin, selasa (24/10/2017) malam. (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

Pameran Pesta Tenun Cita Indonesia di Butur Target Lahirkan Regenerasi Pengrajin PESTA TENUN – Ketua Dekranas Butur Sitti Rabiah Abu Hasan saat memberikan sambutan pada acara pameran pesta tenun cita di lapangan raja jin, selasa (24/10/2017) malam. (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini kembali mengadakan pameran pesta tenun cita Indonesia. Salah satu sasaran dari acara tersebut adalah melahirkan regenerasi pengrajin yang unggul dan berdaya saing.

Ketua Dekranasda Butur Sitti Rabiah Abu Hasan mengatakan, produk-produk yang bersumber dari alam maupun budaya, patut untuk terus digali dan dilestarikan. Sebab hal itu memiliki nilai yang bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat maupun daerah.

Dengan adanya pameran, lanjutnya, tentu dapat memacu upaya peningkatan kualitas produk kerajinan, maupun pengrajin itu sendiri. “Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Dekranasda dalam upaya meningkatkan kualitas produk kerajinan, serta kualitas perajin yang unggul agar memiliki daya saing yang tinggi,” kata Sitti Rabiah di Lapangan Raja Jin, Selasa (24/10/2017) malam.

Selain itu, ia juga berharap dengan adanya pameran ini akan melahirkan regenerasi pengrajin yang memiliki semangat untuk berwirausaha.

“Regenerasi perajin ini diharapkan dapat mendorong semangat kewirausahaan masyarakat yang tersebar di enam wilayah kecamatan se-Kabupaten Butur,” tambahnya.

Selain pameran, kegiatan yang akan dilangsungkan hingga Sabtu, 28 Oktober 2017 mendatang ini juga digelar berbagai lomba kesenian. Untuk pelaksanan lomba, Dekranasda Butur tidak hanya sendiri, tetapi bekerjasama dengan dinas pendidikan, pemberdayaan perempuan dan anak, serta DPD KNPI Butur.

Acara ini juga merupakan rangkaian dalam menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap 28 Oktober. (B)

 

Reporter: Irsan Rano
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib