PD Pasar Akan Kelola Semua Pasar di Kendari

Pasar Kecamatan di Konkep Terbengkalai
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari dipastikan akan mengelola semua pasar yang ada di Kota Kendari. Saat ini ada 6 pasar yang sudah dikelola PD Pasar sedangkan Pasar Sentral Kota dan Pasar Sentral Wuawua masih dikelola Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari.

Direktur PD Pasar Kota Kendari Asman mengatakan, saat ini Wali Kota Kendari Sulkarnain telah membentuk tim untuk mengkaji pengambilalihan pengelolaan pasar di Kota Kendari. Semua pasar akan dikelola oleh PD Pasar.

“Untuk kami mengelola pasar rakyat ini kami dituntut terlebih dahulu untuk menerapkan pelayanan berbasis digital. Untuk itu hal ini kami terus melakukan pembenahan manajemen untuk memenuhi syarat tersebut,” jelas Asman, di ruang kerjanya, Kamis (21/3/2019).

Adapun langkah yang dilakukan untuk menerapkan layanan berbasis teknologi informasi (TI), maka PD Pasar telah mengagendakan bertemu dengan perbankan guna mengkonsultasikan aplikasi apa yang digunakan nantinya.

Pelayanan berbasis IT dinilai akan efektif dalam menunjang proses pelayanan kepada pedagang yang ada di pasar-pasar Kota Kendari. Salah satu kemudahan dengan sistem IT ini, para pedagang tidak lagi membayar ke PD Pasar tetapi bisa membayar ke bank langsung.

“Kalau mengacu Perda (Peraturan Daerah) pengelolaan pasar ini harus dikelola PD Pasar. Tetapi kami terlebih dahulu menyiapkan infrastruktur untuk mengelola seluruh pasar rakyat yang di Kota Kendari, ” tuturnya. (B)

 


Kontributor : Rasman
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib