iklan zonasultra

Pelabuhan Siwa Segera Di-lockdown Khusus Penumpang

Pelabuhan Siwa Segera Di-lockdown Khusus Penumpang
LOCKDOWN PELABUHAN - Guna mengendalikan penyebaran virus corona atau Covid-19 Pemerintah Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan Lockdown di pintu keluar/masuk pelabuhan penyeberangan Siwa yang berimbas juga di pelabuhan Katoi Kabupaten kolaka utara (Kolut). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Guna mengendalikan penyebaran virus corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan lockdown khusus penumpang di pintu keluar/masuk Pelabuhan Penyeberangan Siwa. Dengan demikian tidak ada penyeberangan penumpang untuk rute Pelabuhan Siwa ke Pelabuhan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wajo, Andi Hasanuddin melalui sambungan telepon selulernya, menjelaskan diberlakukannya lockdown atau penutupan aktivitas di Pelabuhan Siwa adalah hasil keputusan Pemkab Wajo dalam upaya pencegahan virus corona. Kata dia, yang hanya dibolehkan adalah barang tapi penumpang akan dihentikan sementara.

Baca Juga : Sosialisasi Pakai Sepeda Motor Babinsa & Bhabinkamtibmas di Kolut Imbau Warga Waspada Virus Corona

iklan zonasultra

“Itu sudah menjadi keputusan Pemkab Wajo untuk mengantisifasi virus corona jadi yang kami perbolehkan menyeberang hanya barang dan lalu lintas manusia kami tahan dulu,” kata Andi Hasanuddin, Senin (23/3/2020).

Dikatakannya, untuk jadwalnya akan dimulai pada kamis (26/3/2020) mendatang sehingga ada waktu tiga hari untuk mensosialisasikan ke masyarakat atau calon penumpang dan orang-orang yang beraktivitas di areal pelabuhan tersebut.

“Kita ketahui bersama tempat umum seperti pelabuhan adalah akses yang paling mudah menyebarnya virus corona itu, nah itu kita khawatirkan kami, kalau sudah dilakukan lockdown Kolut juga akan hal itu karena kami sudah koordinasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, meski ada langkah pencegahan seperti penyemprotan disinsfektan dan pemeriksaan suhu tubuh terhadap penumpang namun lockdown tetap akan dilakukan karena beberapa pelabuhan di Sulsel sudah melakukan lebih dulu.

Sementara, Kepala Dishub Kolut, Junus membenarkan hal itu, yang mana sebelumnya telah mendapat informasi dari pihak Pemkab Wajo bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan lockdown di pelabuhan penyeberangan tersebut.

Baca Juga : Aktivitas Kapal di Pelabuhan Nusantara Kendari Tetap Normal

“Iya saya sudah dapat telepon dari Pemkab Wajo kalau akan melakukan lockdown dan sudah ditetapkan jadwalnya pada hari Kamis nanti,” ujarnya.

Namun, pihaknya memastikan semua jadwal kapal Feri akan beroperasi seperti biasanya meski tanpa penumpang. “Untuk kebutuhan masyarakat Kolut saya pertegas untuk kapal penyeberangan akan tetap beroperasi penuh setiap hari meski tanpa penumpang,” tandasnya. (B)

 


Kontributor : Rusman
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib