iklan zonasultra

Pembangunan Unit Transfusi Darah di Butur Rampung Tahun Ini

Plt Kepala Dinas Kesehatan Butur, Marsuli
Marsuli

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan pembangunan gedung unit transfusi darah (UTD) rampung tahun ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Butur, Marsuli, mengatakan, keberadaan UTD ini sangat dibutuhkan masyarakat yang membutuhkan transfusi darah tanpa harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan pasokan darah dari UTD lain di luar daerah.

Iklan Zonasultra

Terkait kelengkapan sarana dan prasarana di dalamnya, kata dia, akan diusulkan di APBD tahun anggaran 2021.

Menurutnya, ketersediaan pasokan darah sangat penting bagi pasien darurat yang membutuhkan transfusi darah segera dan sangat erat kaitannya dengan kualitas pelayanan suatu fasilitas kesehatan.

“Pembangunan bank darah pada 2020 ini akan selesai. Kemudian diusahakan di pertengahan 2021 bisa berfungsi,” ujar Marsuli di ruang kerjanya, Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut, kata dia, beberapa hal teknis tengah dipersiapkan. Ia pun berharap, tim anggaran dapat mengakomodir segala persiapan perlengkapan bank darah tersebut.

Fasilitas tersebut nantinya akan menjadi unit pelaksana teknis dinas (UPTD) di bawah naungan Dinkes Butur.

Sebelumnya, anggaran pembangunan UTD Butur telah dibagi dalam dua paket. Yakni, pengadaan gedung sebesar Rp950 juta, sedangkan pagu anggaran untuk alkes dan perlengkapan medis lainnya senilai Rp255 juta lebih.

Namun karena wabah Covid-19, dana yang sempat disiapkan digeser untuk penanganan bencana nonalam tersebut. (b)

 


Kontributor: Ifang Wilyas
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib