Pembenahan Wisata Pantai Taipa Sedot Anggaran Rp5,9 Miliar

Pembenahan Wisata Pantai Taipa Sedot Anggaran Rp5,9 Miliar
PANTAI TAIPA - Fasilitas sarana dan prasarana wisata Pantai Taipa yang dibenahi oleh Pemda Konut. Dan langsung dinikmati para pengujung wisata. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pengembangan sarana dan prasarana di objek wisata Pantai Taipa telah terealisasikan secara bertahap. Total anggaran yang digunakan berkisar Rp5,9 miliar dari APBD Konut 2017 – 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Konut Yade Riyanto mengatakan, pembenahan wisata Pantai Taipa meliputi pengaspalan jalan sepanjang 2 kilometer, mulai dari pintu masuk hingga ujung pantai. Ditambah satu unit jembatan permanen.

iklan zonasultra

Jalan setapak dekat bibir pantai juga dibangun sepanjang 1 kilometer. Gazebo semi permanen berukuran besar untuk para pengunjung juga didirikan sebanyak 20 unit dengan corak warna warni. Kamar mandi permanen sebanyak 4 unit, lampu jalan tenaga surya aktif sebanyak 20 unit.

Pembenahan Wisata Pantai Taipa Sedot Anggaran Rp5,9 Miliar“Pertengahan 2017 sampai 2018 kami genjot pembangunan Pantai Taipa. Anggarannya kurang lebih Rp5,9 miliar dari APBD Konut,” terang Yade dikonfirmasi, Minggu (13/1/2019).

Selain meningkatnya jumlah wisatawan, pembenahan ini juga diharapkan memberikan kenyamanan kepada para pengunjung saat menikmati pantai yang memiliki sejarah goa tengkorak itu.

“Tahun 2019 ini kami kembali programkan pelabuhan terapung, dan kantor pusat informasi pariwisata, panggung pentas,” kata Yade.

Warga Desa Taipa yang juga mantan kepala desa setempat, Burhan mengatakan, pembenahan fasilitas wisata memberikan dampak positif kepada masyarakat.

“Saya nda bisa sebutkan secara detail pendapatannya, tapi di hari-hair besar PAD naik karena pengunjung banyak, masyarakat yang buka usaha juga banyak mendapat penghasilan. Pokoknya sangat bedalah saat sebelum dibenahi,” terangnya.

Mas Sukri, salah satu pedagang merasa bersyukur adanya pembenahan fasilitas karena dirinya bisa menjajakan barang dagangannya dengan nyaman.

“Sekarang kita nyaman, biar berdagang di pinggir jalan sudah tidak khawatir lagi dengan debu. Penghasilan juga lumayan, dulunya biasa dapat Rp1 juta, saat ini sampai Rp 1,8 jutaan di hari-hari besar dan libur,” ujarnya.

Pantai Taipa merupakan program pengembangan destinasi wisata 3 berlian yang meliputi Pulau Labengki, Pantai Taipa dan Pudonggala. (b)

 


Reporter:Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib