iklan zonasultra

Pemda Konsel Maksimalkan Penyaluran Bantuan Covid-19 ke Warga Terdampak

Pemda Konsel Maksimalkan Penyaluran Bantuan Covid-19 ke Warga Terdampak
Bantuan - Bupati konsel Surunuddin Dangga saat menyerahkan bantuan BLT ke masyarakat di kecamatan Moramo Utara secara simbolis. Sebelumnya bupati beserta jajaran telah menyerahkan paket bantuan dibeberapa kecamatan. (ERIK ARI PRABOWO).

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) memaksimalkan penyaluran bantuan Covid-19 bagi warga terdampak di daerah itu. Hingga kini sudah 37 ribu bantuan yang dikemas dalam paket semabko yang didistribusikan.

“ Ada 37 ribu paket sembako di 20 kecamatan yang sudah kami distribusikan langsung, sebelum lebaran penyaluran bantuan itu kami targetkan sudah rampung di 25 kecamatan dengan total penyaluran sebanyak 50 ribu paket,” jelas Bupati Konsel Surunuddin Danga.

Iklan Zonasultra

Menurut Surunuddin untuk penyaluran bantuan ini, pemerintah melakukan dengan pengawasan ketat bahkan katanya ia sendiri terjun langsung mendistribusikan bantauan itu demi memastikan bantuan tepat sasaran bagi warga yang benar-benar membutuhkan.

Pemda Konsel Maksimalkan Penyaluran Bantuan Covid-19 ke Warga Terdampak

“ Sekalian melakukan sosialisasi agar warga mengurangi aktifitas di luar rumah, menerapkan pola hidup sehat, patuh pada imbauan social dan physical distancing, jadi harus kita waspada jangan diremehkan, karena virus ini belum ada obatnya,” tambah Surunuddin yang ditemui awak media Selasa (12/5/2020) di Moramai Utara saat membagikan paket sembako.

Tak hanya itu, bukti lain keseriusan Pemkab Konsel menanggulangi dampak covid-19, yakni dengan disetujuinya usulan pemkab ke kementrian sosial (kemensos) terkait bantuan sosial tunai (BST). Total ada 17.219 KK yang akan diberikan BST dengan nominal Rp600 ribu perbulan.

“Ini dicairkan di kantor pos. Bukan melalui rekening. Dananya sudah masuk. Setiap kepala keluarga bantuannya sebesar Rp 600 ribu, makanya hari ini kita launcing,” paparnya.

Pemda Konsel Maksimalkan Penyaluran Bantuan Covid-19 ke Warga Terdampak

Menurut mantan ketua DPRD konsel ini, bantuan BST dari pemerintah pusat cukup meringankan beban masyarakat dan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19. Sehingga, warga yang belum tersentuh bantuan tertutupi melalui bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Berikut data berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial Kabupaten Konsel, jumlah penerima BST dimasing-masing kecamatan yakni.
Kecamatan Andoolo 517 KK, Kecamatan Angata 928 KK, Kecamatan Andoolo Barat 626 KK, Kecamatan Baito 563 KK, Kecamatan Basala 346 KK, Kecamatan Benua 618 KK, Kecamatan Buke 915 KK, Kecamatan Kolono 682 KK, Kecamatan Kolono Timur 348 KK, Kecamatan Konda 671 KK, Kecamatan Laeya 1.260 KK, Kecamatan Lainea 558 KK, Kecamatan Lalembuu 894 KK, Kecamatan Landono 413 KK, Kecamatan Laonti 766 KK, Kecamatan Moramo 824 KK, Kecamatan Moramo Utara 548 KK, Kecamatan Mowila 574 KK, Kecamatan Palangga 899 KK, Kecamatan Palangga Selatan 393 KK, Kecamatan Ranomeeto 677 KK, Kecamatan Ranomeeto Barat 422 KK, Kecamatan Sabulakoa 372 KK, Kecamatan Tinanggea 2067 KK dan Kecamatan Wolasi 338 KK. B

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Rosnia

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib