iklan zonasultra

Pemda Konut Upayakan Bangun 370 Unit Huntara Untuk Korban Banjir

PENYALURAN LOGISTIK - Bupati Konut Ruksamin, Bersama Wakil Bupati Konut Raup dan Dandim 1417 Kendari saat menyalurkan logistik untuk korban banjir.(Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), berupaya segera membangun 370 unit rumah hunian sementara (huntara) untuk warga korban banjir bandang di wilayahnya.

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan huntara yang akan dibangun dalam waktu dekat ini diprioritaskan kepada warga yang rumahnya hanyut diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, sebanyak 370 hancur disapu banjir.

Baca Juga : Masyarakat 3 Desa di Konut Segera Direlokasi

iklan zonasultra

“Kami tinggal menentukan titik lokasinya untuk membangun rumah hunian sementara ini,” kata Ruksamin usai meninjau lokasi banjir bersama Wakil Bupati Konut Raup, Minggu (16/6/2019).

Diungkapkannya, huntara yang dibangun nantinya pihaknya bekersama dengan tim penanggulangan bencana banjir dari TNI Dandim 1417/Kendari, Korem 143 Haluoleo, Yonif 725 Woroagi, Polri, BNPB RI, Kementerian dan BPBD. Ruksamin memastikan, alokasi anggaran untuk huntara, ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah setempat dan gratis untuk masyarakat.

“Sebelum habis tambahan masa tanggap darurat selama dua pekan ini, program huntara kami usahakan sudah selesai dan bisa ditempati warga korban banjir. Olehnya itu, pelaksanaannya kami maksimalkan sedini mungkin. Besok kami kami gelar rapat koordinsiasi,” ujarnya.

Baca Juga : Jembatan Trans Sulawesi di Konut Segera Difungsikan

Dia menambahkan, untuk korban bencana banjir lainnya, sampai saat ini seluruh tim gabungan masih terus melakukan evakuasi dan menyalurkan logistik. Armada yang digunakan, mobil operasional, perahu karet, dan helikopter.

“Kami pastikan dan yakinkan kepada masyarakat saya agar tidak ada yang kekurangan makanan. Saya tegaskan, jangan takut karena pemerintah daerah dan negara selalu bersama mereka ,” tukasnya. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib