iklan zonasultra

Pemkab Butur Bersinergi Bangun Karakter Kepramukaan

Pemkab Butur Bersinergi Bangun Karakter Kepramukaan
KEMAH EKSEKUTIF - Upacara pembukaan Kemah Eksekutif tingkat Kabupaten Buton Utara, di pelataran Islamic Center, Jumat (27/12/2019). (Foto Istimewa).

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra), bekerja sama dengan Kwarcab Pramuka Butur menyelenggarakan Kemah Eksekutif di pelataran Islamic Centre, Jumat-Sabtu, 27-28 Desember 2019.

Kegiatan ini dimaksudkan, salah satunya untuk menumbuhkembangkan semangat dan karakter kepramukaan kepada seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali jajaran pemerintah daerah setempat.

Bupati Butur Abu Hasan mengatakan pramuka sendiri adalah satu bentuk kaderisasi. Perwujudan dari anak bangsa untuk menggembleng dirinya secara berjenjang, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan seterusnya.

iklan zonasultra

Dalam proses pengkaderan, tentunya banyak manfaat yang didapatkan. Di antaranya keterampilan, disiplin, termasuk tanggung jawab menyelesaikan tugas, baik itu sifatnya rutin ataupun yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Semangat kepramukaan ini, lanjutnya, mesti harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam menjalankan tugas pemerintahan.

“Mari kita pupuk semangat kebersamaan, mari kita hidupkan semangat persatuan dan kesatuan. Solidaritas sesama aparatur sipil negara harus kita nampakkan dalam kerja kerja keseharian kita,” tutur Abu Hasan, dalam upacara pembukaan kemah eksekutif di Islamic Centre.

Kemah eksekutif yang digelar tepat di penghujung tahun 2019 ini, juga dimaksudkan untuk merefleksi aktivitas selama setahun terakhir. Tentu, kata Abu Hasan, ada hal yang postitif dan ada pula yang masih kurang sempurna.

“Yang positif itulah yang kita lakukan pada masa sekarang dan masa-masa yang akan datang,” katanya menambahkan.

Kemah eksekutif ini diikuti seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Butur, desa dan penegak Pramuka Pandega Kwarcab. Dalam acara tersebut, juga ada beberapa kegiatan digelar selepas upacara pembukaan, antara lain dialog, pemilihan Putra-Putri Pramuka Kwarcab 2019, hingga lomba memasak. (B)

 


Kontributor: Irsan R
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib