Honda

Pemkab Kolut Bangun Sekretariat Public Safety Center

Pemkab Kolut Bangun Sekretariat Public Safety Center
PSC - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membangun Sekretariat Public Safety Center (PSC) dengan tujuan mempercepat pelayanan gawat darurat di wilayah Kolut. (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,LASUSUA– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membangun Sekretariat Public Safety Center (PSC) dengan tujuan mempercepat pelayanan gawat darurat di wilayah Kolut.

Ketua PSC Kolut, Nahdatul Ulama menjelaskan pembangunan sekretariat dua lokal tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 sekitar Rp900 juta. Tujuan PSC tersebut merupakan bentuk layanan gawat darurat medis terpadu sebelum pasien mendapatkan tindakan fasilitas kesehatan di rumah sakit.

“PSC ini sementara proses pembanguan di belakang Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai layanan gawat darurat dan bencana, seperti warga yang membutuhkan layanan cepat bisa langsung menghubungi nomor yang sudah kami sediakan,” kata Nahda kepada Zonasultra.com, Jumat (13/9/2019).

iklan zonasultra

Menurutnya, layanan tersebut disiagakan selama 24 jam guna membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan penanganan kesehatan dengan pengoperasian layanan kesehatan secara mobile.

Kata dia, sejak 2018 lalu pihaknya sudah melakukan layanan tersebut namun adanya pembangunan sekretariat bisa lebih maksimal. Layanan itu juga terhubung ke semua puskesmas di setiap kecamatan sesuai instruksi program Kementrian Kesehatan yakni membuat Sistem Penanganan Darurat Terpadu (SPDT).

“Layanan ini bagian dari pendekatkan pelayanan ke masyarakat yakni layanan jemput pasien 24 jam, jika ada warga yang meninggal dunia di rumah sakit maka PSC siap mengantar dari rumah sakit ke rumah duka dalam wilayah Kolut dan tidak dipungut biaya,” bebernya. (C)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib