iklan zonasultra

Pemkab Konsel Kembali Raih Penghargaan SAKIP Predikat B

PENGHARGAAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), di Yogyakarta, Senin (24/2/2020). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

Penghargaan itu diterima langsung Bupati Konsel Surunuddin Dangga di Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Penghargaan ini telah dipertahankan sejak tiga tahun terakhir dimulai tahun 2017 hingga 2019. Tahun 2016 Pemkab Konsel hanya meraih predikat C, kemudian terus naik meraih predikat B setiap tahunya.

Kali ini Pemkab Konsel berhasil meningkatkan nilainya menjadi 62,54 dari nilai 62,23 pada 2018 lalu. Hal ini berdasarkan penilaian kementerian terkait.

(Baca Juga : Pemkab Konsel Raih Penghargaan Layanan Publik Terbaik)

Indikator yang dinilai dalam capaian itu yakni perencanaan kinerja, pengukuran, pelaporan, evaluasi internal, hingga capaian kinerja. Setiap item indikator penilaian tersebut memiliki bobot atau standar nilai yang telah ditetapkan.

Penilaian itu berdasarkan Peraturan Pemerintah No 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres No 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Pemkab Konsel Kembali Raih Penghargaan SAKIP Predikat B

Pemda Konsel sendiri telah dievaluasi dengan berpedoman pada PermenPAN RB No 12 tahun 2015 tentang Evaluasi Atas Implementaai SAKIP.

Hasilnya menunjukkan bahwa Pemkab Konsel telah berhasil mendorong penerapan budaya kinerja mulai dari proses perencanaan, penganggaran, monitoring, dan evaluasi serta pelaporan kinerja.

Meski demikian, beberapa catatan terkait kualitas implementasi SAKIP di daerah itu masih ada, yakni Pemda Konsel belum menindaklanjuti sebagian dari rekomendasi evaluasi tahun sebelumnya.

(Baca Juga : Lagi, Bupati Konsel Terima Penghargaan Pembangunan Infrastruktur)

“Ke depan yang perlu menjadi prioritas kita adalah sinergi perencanaan dengan stakeholder. Termaksud pada penganggaran dan efisiensinya,” kata Surunuddin usai menerima penghargaan.

Surunuddin sangat mengapresiasi penghargaan yang dicapai Pemkab Konsel. Pasalnya hal tersebut menunjukkan hasil kerja keras seluruh jajaran pemkab setempat dengan bekerja sama antar stakeholder lainya sebagai inovasi pemerintah daerah.

Dia berjanji, capaian itu akan terus ditingkatkan ke depannya. Pasalnya, Surunuddin memahami betul pentingnya tujuan utama SAKIP yang merupakan gabungan implementasi dari perencanaan dan pelaksanaan untuk kemajuan suatu daerah. (B)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib