iklan zonasultra

Pemkab Konsel Mulai Seleksi Peserta Umrah Gratis

Awal Agustus, 115 CJH Asal Konawe Diberangkatkan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai menyeleksi peserta umrah gratis yang diadakan oleh Pemkab setempat. Kegiatan ini digelar di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konsel, Senin (4/11/2019).

Program ini diperuntukan bagi yang aktif dalam kegiatan keagamaan, seperti Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), imam masjid, guru ngaji, serta masyarakat yang aktif membantu masyarakat dari buta baca Al-Qur’an. Kuotanya sebanyak 25 orang.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, 25 orang penerima reward umrah gratis tersebut diprioritaskan bagi yang kurang mampu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat.

iklan zonasultra

“Program ini sudah berjalan sejak tahun 2018, kita target ke depan kegiatan ini dapat menjadi program tahunan,” kata Surunuddin saat diwawancarai usai membuka kegiatan seleksi tersebut.

Selain umrah gratis, pihaknya juga bakal melakukan kerja sama dengan pondok pesantren untuk menarik minat anak masuk pondok pesantren.

“Karena selama ini kita lihat mereka cenderung lebih suka masuk sekolah umum ketimbang sekolah agama, jadi ini nanti yang kita akan upayakan untuk menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Konsel, Hamlin, menjelaskan, para peserta umrah gratis akan melalui tahapan seleksi berkas dan wawancara.

Hamlin menerangkan, sebelumnya tahapan seleksi sudah berjalan di tingkat kecamatan, hingga tiap kecamatan mengirimkan satu perwakilannya untuk dilakukan seleksi lanjutan di tingkat kabupaten.

“Kuota umrah gratis tahun ini bertambah, yang mana pada tahun 2018 itu hanya 20 orang sedangkan tahun 2019 sudah menjadi 25 orang,” ungkapnya.

Nantinya setiap peserta akan diberikan bantuan biaya berupa uang senilai Rp30 juta, dengan sistem transfer rekening ke peserta yang beruntung. Anggaran tersebut sudah termasuk uang saku dan tiket pulang dan pergi. (A)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib