iklan zonasultra

Pemkot Baubau Mulai Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah Porprov XIV

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, La Ode Darussalam
La Ode Darussalam

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mempersiapkan diri jadi tuan rumah Pekan Olarahga Provinsi (Porprov) XIV. Pemkot mengaku telah memenuhi segala syarat yang diajukan untuk pelaksana Porprov 2022 nanti.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, La Ode Darussalam mengatakan, Pemkot Baubau telah diminta provinsi untuk memaparkan kesiapan tersebut di hadapan Komite Olahraga Nasional dan Dispora Sultra.

Baca Juga : Pemkot Baubau Segera Tertibkan Pedagang Ikan di Pasar Wameo

iklan zonasultra

Dalam waktu dekat pemaparan kesiapan itu akan dilakukan. Kata Darussalam, jadwalnya baru disusun sesuai agenda Wali Kota AS Tamrin.

“Untuk sarana prasarana olahraga yang ada kita semua sudah memenuhi standar dari semua item yang kita disampaikan,” ujar dia, di kantornya, Rabu (4/2/2020).

Lanjut Darussalam, ada 13 item syarat yang diberikan pemerintah provinsi jika Kota Baubau ingin jadi tuan rumah. Di antaranya kelayakan penginapan atlet, sarana olahraga yang memadai, lampu penerang yang baik, juga akses asrama menuju lapangan pertandingan.

Tahun ini, Pemkot Baubau sendiri akan mulai membenahi sarana olahraga. Hingga tahun 2021 pembenahan semua syarat itu, kata Darussalam, ditargetkan akan tuntas.

Dari semua sarana olahraga, ungkap Darussalam, yang belum dimiliki Kota Baubau adalah kolam renang untuk atletik. Olenya itu, tahun ini lewat Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belaja Daerah Perubahan (APBD-P) biaya untuk pembuatan kolam renang ini akan diajukan.

“Kita sudah berbicara dengan wali kota dan juga ketua KONI terpilih agar diagendakan ke DPRD Kota Baubau agar bisa kita menganggarkan kolam renang ini,” terang Darussalam.

Selain pembuatan kolam renang, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah perbaikan santel ban Stadion Betoambari. Darussalam menyebut anggarannya sudah siap, tapi enggan merincikan nominalnya.

Baca Juga : Pemkot Baubau Rencana Bangun Kawasan Rujab di Lipu

“Sambil kita menunggu tahun 2021, insyahallah nanti kita mendapatkan dana GOR dari pemerintah pusat,” urainya.

Di Baubau sendiri ada tiga lapangan yang sudah disiapkan untuk pelaksanaan porprov 2022, yakni Stadion Betoambari, Lapangan Lemba Hijau, dan Lapangan Waborobo. Semuanya akan didesain agar memenuhi standar kelayakan untuk menggelar Porprov Sultra XIV. (b)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib