iklan zonasultra

Pemkot Kendari Belum Putuskan Pelaksanaan UAS Tatap Muka

Kepala Dinas Pendidikan kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Makmur
Makmur

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari belum memutuskan apakah Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkat sekolah menengah pertama dan dasar digelar tatap muka atau dalam jaringan.

Kepala Dinas Pendidikan kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Makmur mengatakan, pihaknya akan menggelar diskusi dengan sejumlah pihak terkait di antaranya Walikota, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sultra, Kadis Kesehatan serta ketua gugus tugas Covid-19.

iklan zonasultra

Langka ini menurutnya akan memberikan solusi perihal pelaksanaan UAS bagi murid kelas 6 SD dan siswa kelas 9 SMP. “Dengan hadirnya beberapa narasumber ini, dapat menyimpulkan langka selanjutnya terkait UAS ini,” ungkap Makmur saat ditemui usai kegiatan di Rujab Walikota, Rabu, (17/2/2021).

Makmur mengatakan bahwa sampai saat ini, kelas 6 dan 9 masih melaksanakan pembelajaran daring dan luar jaringan (luring). Namun sesekali biasa diadakan tatap muka tapi dengan skala yang terbatas. Itu pun anak yang tidak bisa daring atau luring dipanggil untuk diberikan pengayaan materi khusus.

Ia mengharapkan, dengan hadirnya diskusi tersebut, dapat menghasilkan solusi terkait UAS tatap muka April mendatang.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikmudora Kota Kendari, Muchdar Alimin menjelaskan, pertama UAS akan digelar secara tatap muka seperti biasa dan opsi lainnya secara daring atau online.

Apabila siswa tidak memiliki fasilitas akan dilakukan metode tatap muka, sedangkan siswa yang memiliki fasilitas akan diberlakukan metode daring.

“Kembali lagi ke pihak sekolah tinggal menentukan apakah akan pake metode jaringan daring sepenuhnya atau mungkin akan kombinasikan antara daring dan guru,” terang Muchdar Alimin di kantornya, Kamis (28//1/2021)

Dalam data Dikmudora Kendari, siswa yang akan mengikuti ujian akhir sekolah untuk SMP sebanyak 5.138 siswa dan SD belum ada jumlah pasti.

Dia menambahkan, proses ujian akhir sekolah akan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tetap berkoordinasi kepada satgas Covid-19. Sekolah juga akan mengatur proses ujiannya dan mematuhi protokol kesehatan. (b)

 


Penulis: M17
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib