Pemkot Kendari Launcing Program Kota Tertib Ukur

Pemkot Kendari Launcing Program Kota Tertib Ukur
LAUNCHING - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melaunching Kota Kendari Menuju Kota Tertib Ukur di ruang Pola Wali Kota Kendari, Kamis (11/4/2019). (RASMAN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tampak sangat serius menyiapkan diri meraih predikat kota tertib ukur. Terbukti pemkot melaunching Kota Kendari Menuju Kota Tertib Ukur di ruang Pola Wali Kota Kendari, Kamis (11/4/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, tahun lalu Kota Kendari sudah mendapatkan penghargaan tertib ukur pada dua pasar. Inilah yang mendasari pihaknya melakukan launching program kota tertib ukur.

Meraih kota tertib ukur, kata Nahwa, bukan pekerjaan mudah. Namun dengan keseriusan seluruh stakeholder ia optimis Kota Kendari bisa mendapatkan penghargaan kota tertib ukur.

“Penghargaan ini bukanlah tujuan utama Pemerintah Kota Kendari. Tetapi hal ini merupakan sebuah langkah yang harus kita lakukan sebagai bentuk upaya pemerintah melindungi konsumen agar mendapatkan hasil pengukuran yang benar dan jujur dalam transaksi perdagangan,” jelas Nahwa.

(Baca Juga : Pemkot Kendari Siap Terima Pengaduan Masyarakat Secara Online)

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari Syam Alam menuturkan, untuk suksesnya program ini dibutuhkan beberapa persiapan. Di antaranya, harus memiliki pasar yang 80 persen alat ukur timbangnya sudah ditera.

Ia pun optimis bisa merealisasikan hal tersebut. Sebab, dari delapan pasar yang ada di Kota Kendari, enam pasar sudah masuk kategori pasar tertib ukur.

Dia menambahkan, mencapai target kota tertib ukur ini bukan hanya pasar saja yang menjadi sasaran penilaian. Tetapi mesin SPBU, meteran PDAM hingga argometer taksi akan dilakukan tera untuk memastikan kepastian alat ukur yang mereka gunakan.

“Untuk sekarang ini kami benar-benar fokus bagaimana melakukan koordinasi dengan instansi teknis seperti PDAM terkait meteran airnya. Selain itu juga dengan pengusaha-pengusaha taksi yang ada di Kota Kendari akan segera kami undang untuk mengkordinasikan hal ini,” tuturnya. (b)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib