iklan zonasultra

Pencabutan Nomor Urut Cagub, Dua Anjing Pelacak Bom Sterilkan Area

Pencabutan Nomor Urut Cagub, Dua Anjing Pelacak Bom Sterilkan Area
ANJING PELACAK – Anjing dari tim K9 Polda Suultra melacak bahan peledak di area pencabutan nomor urut pasangan calon gubernur, Hotel Clarion, Selasa (13/2/2018). (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tim K9 Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menurunkan dua anjing pelacak untuk mensterilkan area pencabutan nomor urut pasangan calon gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (13/2/2018).

Dua anjing jenis pelacak bahan peledak (Handak) itu menyisir setiap sisi dan sudut area pencabutan nomor urut di lantai 2 Ballroom Hotel Clarion Kendari. Anjing jenis ini melacak bahan peledak maupun bom sebelum dimulainya acara.

Tim K9 (satuan elit khusus satwa) Polda Sultra Ipda Kadek mengatakan, semua yang berkaitan dengan bahan peledak bisa dilacak. Saat dilakukan penyisiran, dipastikan belum ditemukan bahan peledak. Penyisiran itu dianggap penting agar kedamaian dan lancarnya acara dapat terjamin.

“Untuk sementara nihil, pelacakan tadi kurang lebih setengah jam. Dengan menggunakan anjing ini kita bisa mengetahui bahan peledak yang tidak nampak oleh mata,” ujar Kadek.

Selain anjing pelacak handak, Tim K9 juga menurunkan dua ekor anjing jenis pengurai massa yang siaga di depan Hotel Clarion. Keempat anjing tersebut siaga sepanjang jalannya acara dan merupakan bagian dari standar pengamanan untuk pencabutan nomor urut. (B)

 


Reporter : Muhammad Taslim Dalma
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib